Waspadai DBD di Musim Pancaroba

by -
Fogging
FOGGING - Fogging gratis bagi masyarakat yang digelar di Kelurahan Klego oleh tim sosialisasi, dan fogging Perindo Kota Pekalongan, Jumat (4/5).
Fogging
FOGGING – Fogging gratis bagi masyarakat yang digelar di Kelurahan Klego oleh tim sosialisasi, dan fogging Perindo Kota Pekalongan, Jumat (4/5).

KOTA PEKALONGAN – Warga masyarakat Pekalongan, dan sekitarnya diminta mewaspadai musim pancaroba yakni pergantian dari penghujan ke kemarau seperti akhir-akhir ini. Salah satu potensi bahaya yang perlu dicermati, ialah semakin berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah.

Hal ini disampaikan oleh tim sosialisasi dan pengasapan atau fogging Partai Persatuan Indonesia (Perindo) saat melakukan aksi fogging di Klego, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jumat (4/5).

“Saat pancaroba, curah hujan masih tinggi disertai angin kencang, udara lembap dan panas. Ini menyebabkan banyak genangan yang bisa menjadi sarang nyamuk,” kata Ketua DPD Partai Perindo Kota Pekalongan, David Santosa.

Udara panas dan kelembapan tinggi juga dinilai mempercepat telur nyamuk menjadi jentik dan selanjutnya menjadi nyamuk yang mengganggu kesehatan harga. Kondisi permukiman yang padat dan saluran air yang mampet juga menjadi nyamuk bersarang. Guna mencegahnya, masyarakat dihimbau selalu peduli dan tanggap dengan kondisi lingkungan. Gotong royong membersihkan rumah, pekarangan dan gorong-gorong menjadi sarana pencegahan. “Fogging juga menjadi upaya ikhtiar kita bersama. Ini semua untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk DBD,” katanyayang didampingi oleh belasan kader termasuk Abdul Muis dan Fadllan Ady Daya.

Di Klego, tim fogging Perindo mengasapi 2 RT di kawasan Jalan Tuntrom yang merupakan perkampungan padat dan terdapat gang kecil di samping rumah yang terendam air. Fogging ini merupakan permintaan warga setempat.

Ketua RT 03, Heru mengatakan, warga sudah khawatir karena beberapa waktu lalu ada warga yang terjangkit DBD. “Ketika disemprot, dampaknya memang langsung terlihat. Terima kasih atas kerja sosial ini yang semoga hasilnya nyata,” ujarnya.

Sebelumnya, aksi serupa juga digelar di Dusun Mangli, Randudongkal, Pemalang pada minggu lalu. Sebanyak 300 rumah mendapat layanan fogging gratis partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini. Dibantu puluhan kader dari Rescue, Baja, Pemuda dan pengurus DPD, DPC hingga DPRt Perindo, masyarakat antusias ikut mengarahkan titik-titik yang perlu diasap. Sasaran utamanya antara lain rumah, halaman, saluran pembuangan air dan kebun warga. (nul)