Manapala Juara 1 Lomba Lintas Medan Tingkat Nasional

by -
Pentas Seni MAN 1 Pekalongan
PIALA - Robby Zihardy dan tim menyerahkan piala kepada Kepala MAN 1 Kota Pekalongan, Drs H Ahmad Najid MPd, pada saat puncak peringatan hari ulang tahun di lapangan sekolah.
Pentas Seni MAN 1 Pekalongan
PIALA – Robby Zihardy dan tim menyerahkan piala kepada Kepala MAN 1 Kota Pekalongan, Drs H Ahmad Najid MPd, pada saat puncak peringatan hari ulang tahun di lapangan sekolah.

KOTA PEKALONGAN – Tim MAN 1 Kota Pekalongan Pecinta Alam (MANAPALA) berhasil mengharumkan nama madrasah di tingkat nasional. Pasalnya, menjadi juara satu dalam lomba Lintas Medan yang diselenggarakan Universitas Semarang (Unnes), belum lama ini.

Pastinya itu menjadi kado istimewa di hari puncak peringatan ulang tahun ke-26 madrasah.

Lomba dilaksanakan pada 28-29 April 2018 di Kawasan Hutan Penggaron, Ungaran Semarang, MANAPALA berjuang, berlomba dengan 65 tim dari seluruh Indonesia.

Lomba lintas Medan adalah kompetisi Trail Running dengan setiap tim beranggotakan 3 orang, yang pada saat lomba berlangsung setiap anggota tim harus sampai pada pos dan finish secara bersamaan. Medan Ekstrim dan panjang serta lintasan yang menantang dengan jarak tempuh 27 kilometer membutuhkan kerjasama tim yang solid untuk menaklukannya.

Medan yang ditempuh sangat bervariasi, dari full speed (lari cepat) untuk melintasi medan sungai, mendaki, perkampungan, dan lain-lain dengan 4 pos pengecekan. Tiap-tiap pos satu tim yang berjumlah tiga orang haruslah lengkap dan mencapai finis maksimal 6 jam. Namun jika lebih maka dinyatakan gugur oleh panitia.

Lomba yang diikuti oleh Ananta Dwi Prasetya, Robby Zihardi, dan Aris Winarko dari MAN 1 Kota Pekalongan mampu melalui tahapan itu semua, sehingga tim penilai mengukuhkan MANAPALA sebagai Juara 1 Lomba Lintas Medan Tingkat Nasional.

Ananta Dwi Prasetya mengaku gembira bisa juara. “Alhamdulillah, akhirnya usaha kami tidak sia-sia” ucap siswa yang juga menjuarai lomba Lari 5 K di Kota Pekalongan.

Piala diserahkan oleh Robby Zihardy dan tim kepada Kepala MAN 1 Kota Pekalongan, Drs H Ahmad Najid MPd. pada saat puncak peringatan hari ulang tahun di lapangan sekolah.

Kepala Madrasah sangat senang atas prestasi yang di raih di kancah Nasional ini. “Walaupun dengan peralatan yang dimiliki oleh MANAPALA sangat terbatas, tetapi tidak menyurutkan semangat anak didik di Ekstrakurikuler MANAPALA,” bebernya.

Prestasi ini tidak terlepas atas sentuhan dari Alumni yang dulu aktif di MANAPALA. Mereka setiap seminggu sekali bertemu dan memberikan materi tentang Pecinta Alam silih berganti.

Ahmad Najid mengaku bila prestasi yang diraih siswanya menjadi kado terindah di hari ulang tahun. “Walaupun sudah mendapatkan prestasi, tapi jangan puas dulu. Terus tingkatkan prestasi dan jangan lupa Patuhilah Bapak dan Ibu gurumu, terlebih lagi Orang Tuamu. Insya Allah hidupmu akan sukses,” pesan Ahmad Najid, Kepala madrasah juga berharap prestasi yang diraih Ananta Dwi Prasetya, Robby Zihardi, dan Aris Winarko bisa ditiru oleh adik-adik kelas kalian agar Madrasah semakin terdepan. (dur)