Radar Kendal

STEKOM Gelar Workshop Penulisan

Stekom Gelar Workshop Penulisan

PESERTA – Beberapa peserta Workshop Klinik Penulisan dan Publikasi Jurnal Internasional di Stekom Kendal.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Penelitian, STEKOM mengadakan kegiatan Workshop Klinik Penulisan dan Publikasi Jurnal Internasional.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Dosen di lingkungan STEKOM dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal internasional maupun nasional terakreditasi.

Hal itu dibenarkan Ketua STEKOM Dr Ir Agus Wibowo, MKom, MSi, MM. Ia menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini untuk membangkitkan motivasi pentingnya publikasi karya ilmiah, sehingga diharapkan dapat mempercepat publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional maupun nasional terakreditasi.

“Menulis karya ilmiah merupakan bagian penting dari suatu pekerjaan ilmiah. Apapun hasil yang diperoleh dari pekerjaan ilmiah jika tidak ditulis maka tidak akan ada manfaat bagi orang lain. Selain itu laporan karya ilmiah dan publikasinya juga untuk mengukur Kinerja Dosen dan mengurus Jabatan Fungsional Dosen,” ungkapnya.

Sementara dalam acara tersebut pembicaranya Prof Dr Ir Wiranto Herry Utomo, MKom dan Dr Achmad Buchori, MPd. Kegiatan Workshop disajikan dalam dua sesi. Sesipertama oleh Prof Dr Ir Wiranto Herry Utomo, MKom. (Dosen UKSW Salatiga) dengan materi teknis dan strategi penulisan artikel ilmiah pada jurnal internasional, sedangkan materi kedua tentang teknis dan strategi publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional yang disajikan oleh Dr Achmad Buchori, MPd (Dosen UPGRIS Semarang).

Setelah penyajian dan pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab serta konsultasi artikel ilmiah dari peserta workshop dengan kedua narasumber.

Dengan adanya Workshop, para Dosen sangat bersyukur. Yang semula menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah menjadi kendala tersendiri, sekarang para peserta sudah mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru bagaimana teknis dan strategi menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal internasional.

“Kami sangat berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa dan juga dosen,” imbuhnya.

Acara diakhir Ketua STEKOM menyerahkan cindera mata kepada kedua narasumber dan dilanjutkan foto bersama dengan para peserta workshop yang dilaksanakan di kampus tersebut. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments