Ribuan Sepeda Penuhi Jalur Tol Batang-Semarang

by -
Bersepeda di Jalur Tol
SEPEDA SANTAI – Ribuan orang dari berbagai daerah mengikuti kegiatan sepeda santai menyusuri jalur tol Batang-Semarang. M Dhia Thufail
Bersepeda di Jalur Tol
SEPEDA SANTAI – Ribuan orang dari berbagai daerah mengikuti kegiatan sepeda santai menyusuri jalur tol Batang-Semarang.
M Dhia Thufail

BATANG – Pemandangan berbeda terlihat pada Minggu (29/4) pagi di jalur tol Batang – Semarang. Tak biasanya, jalur tol yang setiap harinya dilalui oleh truk truk besar pembawa meterial, kini dipenuhi oleh ribuan pesepeda.

Mereka yang tergabung dalam club maupun komunitas pecinta sepeda ternyata tengah mengikuti event ‘gowes nyusur tol & PLTU’ dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 52 Kabupaten Batang.

Para peserta mulai menggowes sepedanya dari alun-alun Batang, lalu menuju Pasekaran dan masuk ke jalur tol, dilanjutkan menuju pintu exit tol Kandeman, Ujungnegoro dan finish di Pantai Sigandu dengan menempuh jarak sekitar 10 kilometer.

Dari ribuan peserta, tak hanya anak muda saja yang menunjukkan semangatnya untuk terus menggowes sepedanya. Namun juga ada sesosok kakek bernama Dumairi (67) warga Kauman, Batang yang meski sudah lanjut usia tetapi tak mau kalah untuk menggenjot sepeda yang dinaikkinya.

Dumairi mengatakan, bahwa bersepeda sudah menjadi hobi baginya. Selain hobi, bersepeda juga menjadi hal yang selalu dilakukannya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

“Saya minimal tiga kali seminggu, pasti bersepeda dengan jarak tempuh paling tidak 15 kilometer, ya selain hobi lahraga sepeda untuk menjaga kesehatan, kebugaran di usia saya yang sudah di atas setengah abad,” terangnya.

Dumairi juga mengaku sudah pernah bersepeda hingga luar kota. “Dulu masih muda gowes sampai Magelang, Jogjakarta, Semarang dan Solo dengan jarak tempuh sampai 200 kilometer, bersama teman-teman club,” terangnya.

Ikut serta menggowes sepedanya sampai dengan finish, Bupati Batang Wihaji, Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav. Hendry RJ Napitupulu, Sekda Nasikhin, Kapolsek Batang AKP Asfauri, dan kepala OPD se Kabupaten Batang.

Bupati Batang Wihaji usai bersepeda mengatakan bahwa gelaran sepeda santai ini bertujuan untuk mengolah ragakan masyarakat untuk kembali gemar bersepeda, dan kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Terlebih masyarakat bisa mendapatkan hadiah dari dorprize yang sudah dipersiapkan, berupa sepeda elektrik, enam sepeda gunung, dispenser, magicom dan kipas angin.

“Kegaiatan sepeda telusur tol merupakan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Batang sekaligus memberikan ruang kepeda penghobi olahraga bersepeda yang semangatnya tetap mempromosikan wisata Kabupaten Batang. Sehingga kita mengambil finisnya di pantai Sigandu Batang yang tepatnya di dolphin center,” kata Wihaji. (fel)