MAN Kendal Miliki Program Khusus di Ajaran Baru

by -
MAN Kendal Miliki Program Khusus
PRESTASI - Siswa-Siswi MAN Kendal kembali berprestasi dengan meraih Juara 1 Dakwah, Kaligrafi juara 3, Rebana juara 3 di Untag Semarang. AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN
MAN Kendal Miliki Program Khusus
PRESTASI – Siswa-Siswi MAN Kendal kembali berprestasi dengan meraih Juara 1 Dakwah, Kaligrafi juara 3, Rebana juara 3 di Untag Semarang.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Pada tahun ajaran baru 2018-2019, MAN Kendal memiliki program baru khusus bagi kelas X yakni kelas Tahfidz Diniyah. Kelas ini diperuntukan bagi jurusan agama dengan mewajibkan hafal 30 juz Alquran selama 3 tahun, termasuk pendalaman kitab kuning. Program baru selanjutnya adalah Tahfidz Sains bagi jurusan MIPA dengan kewajiban hafalan Alquran selama 3 tahun harus 20 juz beserta pendalaman materi KSM (olimpiade).

Hal itu dibenarkan Waka Kesiswaan MAN Kendal, Akhmad Khotib. Kata dia, masing-masing program kuotanya hanya 1 kelas dengan jumlah 36 siswa. Presentase program Tahfidz Diniyah adalah 75% hafalan Alquran dan 25% pendalaman kitab kuning sementara untuk Program Tahfidz Sains presentasenya masing-masing 50%.

“Program baru kami ini khusus bagi angkatan tahun 2018-2019 dan merupakan program unggulan di MAN Kendal. Kami sendiri secara keseluruhan akan menerima 12 kelas, yang 1 kelas Tahfidz Diniyah, 1 kelas lagi Tahfidz Sains dan sisanya 1 kelas bahasa, IPA 5 kelas serta IPS 4 kelas,” ungkapnya.

Selain itu, ada pula program lainnya yakni Keterampilan dimana program ini sudah lama ada di MAN Kendal. Seperti jurusan otomotif, elektro, tata busana dan TKJ bahkan kedepan akan ada jurusan mesin pendingin. Tujuan dengan adanya jurusan-jurusan tersebut untuk menyiapkan lulusan-lulusan MAN Kendal yang siap kerja sehingga MAN Kendal sebagai salah satu MA namun serasa SMK.

Artinya MAN Kendal menjembatani para siswanya yang berminat di Tahfidz Alquran, Sains dan juga yang ingin langsung kerja.

Sementara Kepala MAN Kendal Muh Asnawi mengatakan bahwa ke depan MAN Kendal adalah Maddrasah yang lulusannya dapat survive di bidang agama, bidang sains. Lulusannya dipersiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan mempersiapkan lulusan yang siap kerja. Ia menyadari bahwa setiap siswanya tidak mungkin dapat menjangkau ketiga program tersebut. Makanya, masing-masing siswa akan dibekali satu program sehingga semua lulusan MAN Kendal memiliki jalan sendiri yang sudah dipersiapkan pihak sekolah.

“Program hafalan khusus bagi anak-anak yang kuat menghafal, program sains bagi anak-anak yang memiliki kecerdasan lebih dan program jurusan kami persiapkan bagi anak-anak yang kecerdasannya menengah kebawah dan dari segi ekonomi sedikit kurang maka diharapkan langsung dapat bekerja. Tujuan kami adalah menjembatani anak-anak dan memberi ruang bagi orang tua menaruh harapannya kepada anak kelak akan menjadi seperti apa,” ujarnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito