Juara I Lomba Kenal Wayang

by -
Juara I Lomba Kenal Wayang
JUARA - Regu SD N 2 Gemuhblanten berhasil raih juara I Lomba Kenal Wayang. NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN
Juara I Lomba Kenal Wayang
JUARA – Regu SD N 2 Gemuhblanten berhasil raih juara I Lomba Kenal Wayang.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

REGU SD N 2 Gemuhblanten yang mewakili UPTD Pendidikan Kecamatan Gemuh berhasil meraih juara I Lomba Kenal Wayang tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Kendal, yang digelar di Pendopo, kemarin. Mereka adalah Keyla Dita Putri, Muhammad Zidan Hidayat dan Muhammad Rizky Putra Fauzi.

Lomba Kenal Wayang tersebut diikuti 20 regu. Mereka merupakan perwakilan dari masing UPTD Pendidikan Kecamatan. Pada babak final yang menyisakan empat regu terbaik, regu yang mewakili Kecamatan Gemuh itu meraih nilai tertinggi, jauh dari regu lainnya. Perolehan nilai untuk regu Kecamatan Gemuh 3.300, disusul regu dari Kecamatan Kangkung 2.600, regu Kecamatan Patebon 1.700 dan regu Kecamatan Pelantungan 1.600.

Kepala SDN 2 Gemuh Blanten, Busaeri, mengatakan, pengenalan wayang di sekolahnya, tidak hanya melalui mata pelajaran Bahasa jawa, tapi juga melalui kegiatan ekstrakurikuler. Untuk kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti murid kelas 2 terdiri dari kelompok senior dan kelompok junior.

“Sejak kelas 2 sudah dikenalkan dengan wayang,” kata dia.

Diungkapkan, sekolah juga memiliki koleksi tokoh-tokoh wayang, seperti tokoh Pendawa, Punakawan dan Kurawa. Koleksi wayang tersebut digunakan untuk mengenalkan tokoh-tokoh wayang secara detail, sehingga lebih mudah untuk dimengerti. “Selain pengenalan wayang juga ada latihan wayang,” ungkap dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito