Foto di Australia Dipakai untuk Kampanye #Salam2Periode

by

ENTAH akun Facebook Eko Supriadi (fb.com/eko.supriadi.967) termasuk kelompok pendukung Joko Widodo atau bukan. Akun tersebut tiba-tiba menyebarkan hoax terkait dengan pemandangan sebuah jalan yang diklaim ada di Sumatera. Dalam hoax itu, dia menyelipkan kalimat #Salam2Periode.

”#Salam2Periode ini bukan hoax lo‚ĶIni ada di SUMATRA,” tulis akun Eko Supriadi pada Rabu (25/4). Unggahan status itu disertai foto pemandangan jalan yang keren. Berliku-liku, mulus, dan membelah hutan. Entah apa maksud hastag salam 2 periode. Memang belum tentu terkait dengan dukungan dua periode Joko Widodo. Tapi, yang pasti, foto yang diunggah akun Eko tersebut hoax.

Dari pengecekan di Google Image, ternyata pemandangan itu bukan jalan di Sumatera. Tapi sebuah jalan di Australia bagian selatan. Foto yang sama bisa Anda temukan di situs penyedia stok foto Alamy.com. Dikutip dari alovelyplanet.com, jalan tersebut membelah Taman Nasional Flinders Chase menuju ke Cape du Couedic, Pulau Kanggoro. ”Berkendara di sepanjang jalan itu seperti berada di sebuah film,” tulis Alovelyplanet.

Entah paham atau tidak, Eko masih bersikukuh bahwa foto yang diunggahnya merupakan pemandangan jalan di Sumatera. Misalnya, ketika ada netizen yang bertanya, jalan itu ada di Sumatera mana. ”Mantab. Arah ke Pekanbaru ya mo ke Medan?” tanya akun Facebook Nana Joko. Eko menjawab bahwa jalan itu ada di Damasraya, Sumatera Barat. Ada netizen lain yang bertanya, jalan tersebut ada di Damasraya daerah mana. Eko menjawab ada di Sungai Rumbai, Kabupaten Damasraya, Sumbar.

Lantaran tampak meyakinkan, banyak netizen yang percaya bahwa itu merupakan salah satu proyek pemerintahan saat ini. ”Jokowi is the best,” ujar akun Facebook Dhian Amoore menanggapi unggahan Eko. Akun Nurul Aini berkomentar sama. ”Tetap dukung jkw2p,” ujar Nurul Aini. Hingga kemarin, ada 21 netizen yang membagikan unggahan Eko Supriadi. (gun/c19/fat)

Fakta

Foto yang diklaim sebagai jalan di Damasraya, Sumatera Barat, adalah hoax. Aslinya merupakan foto jalan di Taman Nasional Flinders Chase di Australia bagian selatan.