Tarapala, Ekskul Pecinta Alam SMK Bintara Batang

oleh -
SMK Bintara
DIKSAR - Kegiatan Diksar Tarapala yang dilakukan beberapa waktu lalu di daerah Telaga Sidringo. NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN
SMK Bintara
DIKSAR – Kegiatan Diksar Tarapala yang dilakukan beberapa waktu lalu di daerah Telaga Sidringo.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – SMK Bintara Batang membentuk ekstra kurikuler (ekskul) baru untuk mewadahi siswa pecinta alam. Ekskul yang baru terbentuk 1 Maret lalu ini diminati banyak siswanya, khususnya yang menyukai traveling ke wisata alam.

“Ekstra baru ini namanya sispala TARAPALA atau singkatanya Bintara Pecinta Alam. Didirikan sejak 1 Maret 2018 kemarin. Ekstra baru ini memberikan semangat baru bagi bintara muda. Terbukti banyak siswa yang bergabung dalam ekskul ini. Kami harap ini dapat menjadi wadah bagi mereka untuk lebih dekat dengan alam,” terang Kepala SMK Bintara melalui Pembina Sispala Tarapala, Irwan Setiono saat diwawancarai, Rabu (25/4).

Diterangkan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan pendidikan dasar (diksar) untuk mengawali kegiatan Tarapala. Diksar sendiri diadakan di Telaga Sidringo Batang yang berbatasan dengan Banjarnegara.

Selain itu dalam beberapa kegiatan terakhir pihaknya juga memberikan banyak pengetahuan dan wawasan sekitar sispala. Seperti latihan mensirikan tenda dan latian survival.

Di Tarapala sendiri ada tiga bidang. Yakni Bidang lingkungan yang berhubungan dengan kondisi lingkungan/cuaca dan peralatan pendakian. Bidang pengetahuan alam yang berhubungan dengan pendakian, navigasi darat, mengetahui jenis-jenis makanan dan minuman yang bisa dimakan dan diminum di hutan. Serta Bidang Olahraga Air yang aktivitasnya latihan mengapung di air dan latihan dayung ataupun arung jeram.

“Harapannya, dengan adanya ekstra baru bisa menambah wawasan tentang apa itu pecinta alam dan menjadikan taruna/i lebih semangat dalam mengembangkan hobinya khususnya di bidang travelling. Selain itu dengan wawasan survival kami juga harap bisa jadi bekal bagi para siswa jika menghadapi situasi-situasi sulit nantinya,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin