Token Telat, UNBK Mundur Hingga Satu Jam

by
Token Telat, UNBK Mundur Hingga Satu Jam
MONITORING - Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufiq saat melakukan monitoring UNBK SMPN 2 Warungasem yang menginduk di SMKN 1 Warungasem. Taufik didampingi Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji Raharjo dan Kepala SMPN 2 Warungasem Sri Mulyatno. NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN
Token Telat, UNBK Mundur Hingga Satu Jam
MONITORING – Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufiq saat melakukan monitoring UNBK SMPN 2 Warungasem yang menginduk di SMKN 1 Warungasem. Taufik didampingi Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji Raharjo dan Kepala SMPN 2 Warungasem Sri Mulyatno.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – Meski secara keseluruhan berjalan lancar, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP hari pertama, Senin (23/4) sempat membuat ketar-ketir. Pasalnya token soal yang seharusnya diterima proktor sekolah sekitar pukul 07.20 WIB terlambat. Sehingga UN yang dijadwalkan pukul 07.30 WIB molor hingga satu jam.

Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufiq SP MSi saat monitoring ke SMKN 1 Warungasem yang menjadi indukan SMPN 2 Warungasem menerangkan, kejadian ini tidak hanya terjadi di Batang saja, tetapi menyeluruh di seluruh Jawa Tengah. Untuk keterlambatan sendiri bervariasi, dari sekitar 30-60 menit. Meski sempat mundur, UNBK sendiri bisa berjalan dengan lancar.

“Sebelumnya kami sudah cek dan pastikan seluruh peralatan berjalan dengan lancar. Karena kemarin, bahkan hingga menjelang subuh saya dan tim juga survei ke beberapa titik yang ada di Batang semua berjalan dengan baik. Tapi ya memang kenyataan hari H nya tidak demikian. Dan tadi kendalanya juga dari pusat. Jadi UN harus mundur hampir satu jam, itu ternyata di alami seluruh Jawa Tengah,” terang Taufiq didampingi Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji Raharjo dan Kepala SMPN 2 Warungasem Sri Mulyatno.

Tak hanya di SMKN 1 Warungasem yang menjadi indukan SMPN 2 Warungasem, UNBK di SMPN 1 Batang juga mengalami kendala serupa. Meski begitu di sana keterlembatan token hanya terjadi sekitar 30 menit. Sehingga ujian juga berjalan lancar dan tidak mengganggu jadwal sesi berikutnya.

“Kami tadi sekitar 07.45 sudah menerima token sehingga sekitar pukul 08.00 sudah mulai dilaksanakan untuk sesi pertama. Dan sebelum jam 10.00 anak-anak sesi 1 juga sudah menyelesaikan ujian,” terang Kepala SMPN 1 Batang, Achmad Soeroso SPd.

Sementara itu salah satu peserta UN di SMPN 1 Batang, Chela Diva A mengaku awalnya sempat kaget dengan kejadian ini. Meski sempat resah namun ia mengaku tenang dan kemudian dapat mengerjakan UN dengan lancar.

“Ya sempat kaget sih mbak. Kan kami masuk sekitar jam 07.30 tapi belum bisa mengerjakan soalnya. Tetapi Alhamdulillah setelah on soalnya bisa kami kerjakan dengan baik. Kami harap besok-besok tidak seperti ini. UN selanjutnya bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan,” harapnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Doni Widyo