Gelar Pemilihan Putri Kartini dan Jajanan Nusantara

by
Putri Kartini
PUTRI KARTINI - Guna memperingati Hari Kartini, Karang Taruna Indonesia Lestari Desa Domiyang, Paninggaran menggelar pemilihan putri Kartini. TRIYONO
Putri Kartini
PUTRI KARTINI – Guna memperingati Hari Kartini, Karang Taruna Indonesia Lestari Desa Domiyang, Paninggaran menggelar pemilihan putri Kartini.
TRIYONO

Dalam rangka memeringati Hari Kartini, Karang Taruna Indonesia Lestari Desa Domiyang, Kecamatan Paninggaran, Minggu (22/4), menggelar pemiihan putri Kartini dan bazar jajanan nusantara.

Agenda rutin dalam peringatan Hari Kartini ini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita yaitu RA Kartini. Dengan demikian perjuangan RA Kartini akan selalu dikenang dan dikenal oleh putra dan putri generasi bangsa, khususnya warga Desa Domiyang, Kecamatan Paninggaran.

Ketua acara peringatan Hari Kartini Desa Domiyang, Erli Ujiani menyampaikan bahwa peringatan hari Kartini yang di selenggarakan oleh Karang Taruna Indonesia Lestari Desa Domiyang, Paninggaran ini merupakan agenda tahunan. Kegiatan meliputi pemilihan putri Kartini Domiyang 2018 dan lomba jajanan nusantara dari bahan singkong.

“Pada ajang lomba putri Kartini mereka tidak hanya dinilai kecantikannya namun wawasan serta bakat mereka. Adapun dalam lomba pemilihan putri Kartini dimenangkan oleh Salsa Dila Aprilia perwakilan dari Dukuh Kidul serta Juara dua diraih oleh Nur Fatmala perwakilan dari Dukuh Ndesa,” terangnya.

Sementara pada lomba jajanan nusantara dimenangkan oleh peserta dari RT Ndesa. Dalam peringatan ini selain bertujuan menggali potensi para taruna Kartini juga menggali kemampuan ibu ibu sebagai kaum wanita dalam mengolah makanan. Terutama makanan berbahan ketela yang menjadi makanan dan bisa dipasarkan. Dengan begitu ibu ibu di Desa Domiyang bisa menambah penghasilan.

“Melalui kegiatan ini masyarakat juga tetap mempertahankan makanan tradisional yang benar -benar bebas dari pengawet atau zat lainnya,” imbuhnya. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito