Dua Tahun Vakum, Pengurus Baru Kadin Dilantik

by -
Kadin Kota Pekalongan
DILANTIK - Pengurus Kadin Kota Pekalongan periode 2018-2023, dilantik oleh Ketua Kadin Jateng dan disaksikan langsung oleh Walikota Pekalongan, Jumat (20/4).
Kadin Kota Pekalongan
DILANTIK – Pengurus Kadin Kota Pekalongan periode 2018-2023, dilantik oleh Ketua Kadin Jateng dan disaksikan langsung oleh Walikota Pekalongan, Jumat (20/4).

KOTA PEKALONGAN – Setelah vakum kurang lebih dua tahun, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) akhirnya memiliki kepengurusan baru. Dipimpin, Nanggolo Mulyo Waniaji, pengurus Kadin periode 2018-2023 dilantik di Hotel Horison, Jumat (20/4) malam.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Kadin Provinsi Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono dan dihadiri langsung oleh Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz.

Dalam sambutannya, Nanggolo mengatakan bahwa Kota Pekalongan memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Selain potensi ekonomi dari batik dan perikanan, Kota Pekalongan juga mengalami surplus demografi dimana 69,90 persen penduduknya merupakan penduduk dengan usia produktif. Menurutnya, kondisi tersebut merupakan modal besar bagi Kota Pekalongan untuk dapat lebih berkembang.

“Artinya di Kota Pekalongan terdapat SDM yang berlimpah. Ada dua hal yang bisa dilakukan untum memanfaatkan kondisi diatas. Yakni memberikan pendidikan terbaik pada SDM yang ada. Namun juga harus diikuti tersedianya lapangan pekerjaan. Ini yang menjadi salah satu tigas kita bagaimana pengusaha bisa menyiapkan lapangan pekerjaan, sehingga surplus demografi ini bisa dimanfaatkan maksimal,” tuturnya.

Memanfaatkan suprlus demografi dimana berlimpahnya SDM, dikatakan Nanggolo sudah dibuktikan oleh Jepang. Dimana dengan kondisi tersebut mereka mampu tumbuh sebagai negara besar dalam waktu 20 tahun. “Indonesia memiliki 70 persen penduduk usia produktif begitu juga Kota Pekalongan. Sehingga kita harus optimis mampu berkembang lebih pesat lagi,” tambahnya.

Mengenai kepengurus Kadin, ia menyatakan bahwa setelah terpilih secara aklamasi dalam musyawarah kota memilih pengurus dengan kolaborasi senior dan junior. Diharapkannya dengan kolaborasi tersebut kedepan Kadin dapat bekerja lebih maksimal dan mampu bersinergi dengan Pemkot Pekalongan dalam membangun Kota Pekalongan agar lebih baik lagi.

Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz dalam sambutannya mengatakan, usai kembali aktif, Kadin diharapkan mampu berperan efektif dalam pembangunan daerah. “Semoga pelantikan ini mampu membawa Kadin lebih baik dalam rangka membantu pemerintah mewujudkan dunia ekonomi dan usaha yang sehat,” harapnya.

Saelany menyatakan, penduduk Kota Pekalongan sejatinya merupakan enterpreuner yang luar biasa. Mereka juga mampu mandiri serta bertahan dalam kondisi sulit. Sehingga Walikota menegaskan rasa optimisnya bahwa Kota Pekalongan dapat lebih maju kedepan. “Disini Kadin dapat berperan dan membantu mendorong munculnya produk kreatif sebagai ciri Kota Pekalongan,” kata Walikota.

Sementara Ketua Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan bahwa Kadin bisa diibaratkan sebagai wakil walikota di bidang ekonomi. Sehingga diharapkan Kadin dapat berperan aktif dalam membantu memberikan masukan dalam pembangunan ekonomi Kota Pekalongan. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman