Bulan Bakti, IIDI Gelar Senam Bersama

by -
Germas
IIDI. Senam bersama digelar sebagai salah satu upaya untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)
Germas
IIDI. Senam bersama digelar sebagai salah satu upaya untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

KOTA PEKALONGAN – Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Kota Pekalongan menggelar senam bersama dalam rangka bulan bakti istri dokter, Jumat (20/4) di Halaman Kantor DPRD Kota Pekalongan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya dari program penyuluhan kesehatan yang menjadi program utama IIDI Kota Pekalongan.

Ketua IIDI, Balgis Diab menjelaskan, senam bersama menjadi bagian untuk memberikan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat agar membiasakan diri melaksanakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Sebab, olahraga secara teratur menjadi salah satu poin indikator dalam program hidup sehat. “Sehingga kami memilih kegiatan senam bersama, sekaligus untuk mendukung program utama IIDI Kota Pekalongan,” tutur Balgis.

Untuk itu, IIDI juga telah memberikan masukan kepada Pemkot Pekalongan agar mengagendakan olahraga bersama setiap sekali dalam seminggu. Diharapkan dengan program tersebut maka masyarakat juga akan terbiasa dengan kegiatan olahraga teratur. “Minimal 15 sampai 30 menit untuk berolahraga setiap hari,” tambahnya.

Selain olahraga secara teratur, lanjut Balgis, hal lain yang perlu diperhatikan agar kesehatan senantiasa terjaga, yakni mengendalikan pola makan dengan menghindari makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan seperti gorengan, makanan bersantan dan makanan yang mengandung mentega atau margarin.

Selain kegiatan dalam rangka bulan bakti, sambung Balgis, IIDI juga rutin melaksanakan kampanye secara periodik ke sekolah, Posyandu maupun Posbindu. Berbagai materi tentang kesehatan seringkali disampaikan dalam kampanye tersebut. “Yang utama tentu saja mengkampanyekan pola hidup sehat. Bagi ibu-ibu, selain diterapkan untuk kesehatan pribadinya juga dapat menjadi bekal untuk menjaga dan memantau anak-anaknya agar tidak ada yang terkena gizi buruk,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan IIDI dalam rangka mensosialisasikan program Germas sebagai bagian dari pelaksanaan bulan bakti. “Diawali dengan senam bersama, olahraga bersama, yang merupakan salah satu dari tiga indikator dalam program Germas,” tuturnya.

Untuk menjalankan program tersebut secara efektif, dikatakan Slamet Budiyanto, Walikota juga telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk di lingkungan Pemkot Pekalongan. Salah satu poin dalam surat edaran yang masih belum dilaksanakan dengan optimal yakni menyediakan buah dalam paket snack yang diberikan dalam setiap acara.

“Ini belum semuanya melaksanakan, meskipun menjadi salah satu poin di dalam surat edaran yang diterbitkan Walikota. Melalui surat edaran tersebut kami berharap agar program Germas ini dalat diaplikasikan oleh seluruh elemen masyarakat. Sehingga dapat bersama mewujudkan masyarakat yang sehat,” harapnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman