Walikota Pekalongan Launching MAN 2 Menjadi MAN 1 Pekalonga

oleh -
MAN 1 Pekalongan
HADIRI - Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz menghadiri acara jalan sehat di MAN 1 Pekalongan.
MAN 1 Pekalongan
HADIRI – Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz menghadiri acara jalan sehat di MAN 1 Pekalongan.

Acara Peringatan Ulang Tahun

Peralihan nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekalongan menjadi MAN 1 Pekalongan resmi dilaunching, belum lama ini. Dengan ditandai pengguntingan pita oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz sebagai tanda peresmian.

Dalam sambutannya, Walikota Pekalongan Saelany Machfud berpesan kepada guru MAN 1 Kota Pekalongan agar terus menerus meningkatkan kualitas SDM-nya. “Karena MAN 1 Kota Pekalongan mempunyai potensi yang sangat bagus di Kota Pekalongan ini, mengingat telah didukung fasilitas yang sangat memadai,” ucapnya.

Senada disampaikan Kepala MAN 1 Kota Pekalongan Drs H Ahmad Najid MPdI. Ia juga berharap dengan berubahnya nama menjadi MAN 1 Pekalongan, diharapkan mampu meningkatkan semangat dalam mewujudkan visi misi yang telah ditanamkan, yaitu menciptakan Generasi Religius, Unggul , Berprestasi dan Berwawasan Lingkungan, sehingga nantinya MAN 1 Kota Pekalongan mampu lebih unggul. “Apalagi MAN 1 Pekalongan telah didukung fasilitas yang lengkap, termasuk adanya Boarding School untuk santri putra dan putri,” tegasnya.

Kegiatan launching MAN 1 Pekalongan, juga dirangkai dengan jalan sehat yang dilepas oleh Akhmad Mundakir selaku Kepala Kankemenag Kota Pekalongan. Pada hari ulang tahun MAN 1 (ex MAN 2 Pekalongan) yang ke-26 juga diselenggarakan lomba-lomba olahraga, dan juga seni Tingkat SMP /MTs Se Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Peserta cabang bola volley putra diikuti 15 sekolah, bola vollley Putri (17), futsal (24), baca puisi (36), da’i remaja (20), dan Mading (9) tim sebagaimana hasil pada saat technical meeting yang telah diselenggarakan pada tanggal 7 April 2018.

Pastinya pelaksanaan lomba meriah, apalagi beberapa juri dihadirkan secara profesional dari masing-masing cabang lomba. Untuk juri puisi dihadirkan dari Ngawi Jawa Timur (Pena Regita), dan Kang Nur Aya’ SP. Sedangkan untuk wasit olahraga panitia bekerjasama dengan PBVSI dan juga Cabang Olah raga Futsal.

Kepala MAN 1 Pekalongan, Ahmad Najid menambahkan, kerjasama tersebut diperlukan untuk menjaga kualitas lomba yang dilaksanakan. “Kita tidak asal melaksanakan lomba, namun kegiatan tersebut benar-benar dipersiapkan secara matang,” tegasnya.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari tersebut (14-16 April 2018) dimenangkan oleh SMP Salafiyah (Lomba Mading 3D), MTs Nurul Islam (Juara 1 Baca Puisi), SMP Negeri 1 Pekalongan (Lomba Da’i Remaja), SMP Negeri 1 Pekalongan (bola Volley Putra), SMP Negeri 1 Pekalongan (Bola Volley Putri), MTS Negeri Pekalongan (Futsal).

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa pada tahun 2018 ini, sesuai SK Menteri Agama RI No. 810 Tahun 2017 beberapa madrasah mengalami perubahan nama, diantaranya MAN 2 Pekalongan sekarang menjadi MAN 1 Kota Pekalongan. Oleh karena itu momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-26 ini juga merupakan sosialisasi kepada masyarakat atas perubahan tersebut.

Ketua Panitia, Najibul Mahbub menjelaskan, pada peringatan ulang tahun ke-26 ini, panitia telah menyebar 4200 tiket jalan sehat secara gratis. “Pembagian itu dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui siswa, melalui guru, juga pengurus OSIS yang keliling ke kampung-kampung menyebarkan kupon,” bebernya.

Najib juga menyebut, berkat partisipasi alumni PGA, alumni Ex-MAN 2 Pekalongan, juga donatur dari instansi/perusahaan, panitia menyiapkan beberapa hadiah, berupa sepeda, lemari es, mesin cuci, dan peralatan rumah tangga lain. “Keterlibatan tersebut merupakan wujud kepedulian alumni terhadap almamaternya. Pada kegiatan tersebut, kami juga mengisinya dengan kegiatan bazar, donor darah dan hiburan lainnya,” pungkas Najib. (dur)

Penulis & Redaktur: Abdurrahman