Kemunculan Nama Mark Zuckeberg Tak Terkait Blokir

by

ADA saja kerjaan orang iseng untuk membuat cemas netizen, khususnya para pengguna Facebook. Keisengan itu dilakukan dengan menyebarkan informasi soal pemblokiran Facebook. Katanya, kalau mengetikkan kode @[4:0], lalu muncul nama pemilik Facebook Mark Zuckerberg, akan bebas dari pemblokiran.

Informasi itulah yang kemarin (20/4) ditemukan Jawa Pos di Facebook. Salah satu yang menyebarkan pesan itu adalah akun Yunita Ayu Pertama Dihati. Informasi yang disebarkan berupa gambar yang di dalamnya terdapat foto Mark. Dalam pesan itu juga ada tulisan, “Ketik @[4:0] kalau muncul nama Mark Zuckerberg itu tandanya Facebook Anda gak bakal diblokir dan dijamin.”

Informasi tersebut 100 persen keliru. Ketika pengguna Facebook mengetikkan @[4:0], sudah dipastikan akan muncul nama Mark Zuckerberg. Kenapa bisa begitu? Facebook memiliki algoritma yang salah satunya menamai penggunanya (user id) dengan kode-kode khusus. Nah, Mark mendapat kode 4.

Dikutip dari techcress.com, meski sebagai pemilik Facebook, Mark tak mendapat kode 1. Tapi, kode 1, 2, dan 3 memang tidak ada. Jadi, tetaplah Mark mendapatkan kode spesial dari Facebook. Kode @[4:0] sebenarnya hanyalah script untuk memanggil atau me-mention pengguna/user lain di Facebook. Jadi, ketika mengetikkan @[4:0], otomatis akan keluar nama Mark karena itu memang kodenya.

Kode @[4:0] kini sudah tak lagi bisa digunakan. Mungkin oleh Facebook sudah dimodifikasi agar tidak terjadi misinformasi. Sebab, informasi keliru mengenai fungsi kode @[4:0] memang sudah lama menyebar. Di luar negeri, informasi tentang fungsi @[4:0] pernah menyebar pada 2015. Ketika itu beredar informasi bahwa jika mengetikkan @[4:0] dan tidak keluar nama Mark, akun Facebook Anda telah di-hack.

Sejak Facebook diserang persoalan pencurian dan penyalahgunaan data penggunanya, banyak haox yang bermunculan. Misalnya, muncul informasi bahwa pada 24 April mendatang Facebook Indonesia akan ditutup. “Mulai 24 april FB Indonesia akan di tutup. Well come kembali di jaman batu. Ucapkan slmt tinggal utk tmn di Fb kalian sblm di tutup.” Begitu status yang diunggah akun Rudi Salam pada 14 April lalu.

Agar meyakinkan, Rudi Salam mengunggah statusnya bersama video tayangan berita dari SCTV dan foto Radar Bandung (Jawa Pos Group). Padahal, yang disajikan Radar Bandung tak seperti yang ditulis Rudi Salam. Di berita Radar Bandung jelas tertulis bahwa yang dimatikan adalah seluruh aplikasi yang dikerjasamakan Facebook dengan pihak ketiga. (jpg/fat)

Fakta

Kode @[4:0] tidak berkaitan dengan pemblokiran Facebook. Juga, tidak ada kepastian bahwa 24 April Facebook Indonesia resmi ditutup.