Pramuka Harus Jadi Teladan

by -
Pramuka Harus Menjadi Teladan
PELANTIKAN - Kanit Binmas Polsek Bandar saat menghadiri kegiatan pelantikan Bantara SMAN 1 Bandar, Jumat (20/4). NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN
Pramuka Harus Menjadi Teladan
PELANTIKAN – Kanit Binmas Polsek Bandar saat menghadiri kegiatan pelantikan Bantara SMAN 1 Bandar, Jumat (20/4).
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BANDAR – Pramuka SMAN 1 Bandar menggelar kegiatan pelantikan Bantara, Jumat (20/4). Dalam kegiatan tersebut hadir Kanit Binmas Polsek Batang, Aiptu Sumarwoto mewakili Kapolsek Bandar untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Sumarwoto mengharap anggota pramuka senantiasa menjadi teladan. Baik untuk sesama anggota pramuka ataupun masyarakat luar.

“Pramuka itu dibentuk untuk bisa menyeselesaikan masalah yang orang lain tidak bisa menyelesaikan. Oleh karenanya pramuka harus senantiasa menjadi teladan dimanapun ia berada,” terang Sumarwoto.

Ia yakin, jika para anggota pramuka mengamalkan dasa dharma, maka anggota pramuka tersebut dapat menjadi teladan. Setidaknya anggota pramuka dapat bermanfaaat bagi masyarakat sekitarnya laiknya pohon kelapa yang berguna segala.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak para anggota pramuka untuk menangkal hoax. Banyaknya hoax yang marak di media sosial sering menimbulkan berbagai permasalahan. Oleh karenanya ia juga meminta kepada para anggota pramuka untuk lebih selektif dalam menerima informasi.

“Jika menerima informasi harus dikroscek dulu kebenarannya sebelum dibagikan ke orang lain. Juga gegabah menyebarkan informasi yang belum terpercaya atau hoax bisa jadi banyak masalah yang timbul,” imbuhya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Bandar, Suraji mengapresiasi kedatangan Polsek Bandar ke sekolahnya. Menurutnya kerja sama ini sangat baik, tentunya dalam pembinaan siswa. Pihaknya juga berharap ke depan dapat bekerja sama dengan Polsek Bandar untuk penyuluhan dan pembinaan lainnya.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas pembinaan yang diberikan oleh Polsek Bandar. Ke depan kami berharap kerja sama ini masih berlangsung dan Polsek Bandar masih berkenan untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan ke sekolah kami,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin