Isra’ Mi’raj Tingkatkan Iman dan Takwa

by
Gringsing Borong Lima Piala Gebyar Paud
JUARA - Kontingen Kecamatan Gringsing berhasil membawa lima piala dalam kegiatan Gebyar Paud beberapa waktu lalu. NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN
Gringsing Borong Lima Piala Gebyar Paud
JUARA – Kontingen Kecamatan Gringsing berhasil membawa lima piala dalam kegiatan Gebyar Paud beberapa waktu lalu.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

*SMP Islam Pekalongan

KOTA – SMP Islam Pekalongan berupaya untuk meningkatkan iman dan takwa anak didik dengan menggelar Peringatan Isra’ Mi’raj pada Kamis (19/4). Kegiatan yang bertempat di halaman sekolah, diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan SMP Islam serta sekolah sekomplek yakni SD Islam 01, SD Islam 04, dan SD Islam 05.

Kepala SMP Islam Pekalongan, Titik Purwaningsih, menuturkan, peringatan Isra’ Mi’raj merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan tema berbeda. Pada tahun ini, tema kegiatan menitikberatkan pada cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik.

“Kegiatan ini sekaligus untuk silaturahmi karena dilaksanakan bersama-sama dengan sekolah komplek. Sekitar 585 siswa SMP dan 400 siswa SD mengikuti kegiatan ini,” ujarnya kepada Radar, Kamis (19/4).

Titik, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa iswa-siswi juga berperan dalam kegiatan ini dengan mempersembahkan beberapa penampilan, diantaranya pembacaan ayat suci Alquran, rebana, dan menjadi pembawa acara. Bertindak sebagai pemberi ceramah adalah KH Hasanudin Subki.

Melalui kegiatan ini, Titik berharap siswa menjadi lebih pandai mengatur waktu dan disiplin dalam melaksanakan sholat lima waktu. Di sekolah, siswa akan melaksanakan sholat dhuha dan sholat dhuhur secara berjamaah. Titik sengaja melibatkan wali kelas dan seluruh guru untuk memantau pelaksanaan sholat berjamaah agar tidak ada siswa yang membolos.

“Karena ini peringatan Isra’ Mi’raj dan berhubungan dengan perintah sholat, kami harapkan anak-anak lebih disiplin dan tidak meninggalkan sholat lima waktu. Di sekolah kami bisa pantau sholat dhuha dan sholat dhuhur, selanjutnya menjadi tanggung jawab orang tua di rumah,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin