DKP Gelorakan Gemar Makan Ikan

by
DKP Gelorakan Gemar Makan Ikan
LOMBA - Dalam rangka sosialisasi Gemarikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal mengadakan lomba memasak dengan bahan dasar ikan di Kecamatan Gemuh. AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN
DKP Gelorakan Gemar Makan Ikan
LOMBA – Dalam rangka sosialisasi Gemarikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal mengadakan lomba memasak dengan bahan dasar ikan di Kecamatan Gemuh.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kendal menggelorakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dengan tema Ayo Makan Ikan Tubuh Sehat, Kuat dan Cerdas di Kecamatan Gemuh, kemarin (19/4).

Acara diikuti ratusan ibu-ibu PKK di seluruh kelurahan se-Kecamatan. Dalam kesempatan itu, beberapa pemateri memberikan potensi dan pengembangan perikanan di Kecamatan yang disampaikan oleh Camat Ngampel. Materi lain yang disampaikan yakni Kandungan gizi, manfaat mengkonsumsi ikan dan bahan tambahan pangan yang diperbolehkan oleh Dra FX Esti Mediastin, DESS, APt dari Stikes Kendal. Sedangkan Ketua Pokja III PKK Kabupaten Kendal, Happy Herudy Soekamto, menyampaikan materi pentingnya dan manfaat menu ikan bagi tumbuh kembang anak dan keluarga. Selain itu kegiatan tersebut juga sebagai salah langkah menuju Misi Bupati Kendal ke-6 yakni Memperkuat ketahanan pangan, mengembangkan potensi perikanan dan sumberdaya alam lainnya.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Frans Ardiansyah, mengatakan bahwa untuk mendukung program Gemarikan, pemerintah mengadakan serangkaian kegiatan sosialisasi sejak tangal 18, 19, 24 dan 26 April 2018 di beberapa lokasi di Kabupaten Kendal.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini konsumsi ikan di Kabupaten Kendal mencapai 23,595 per kg per kapita per tahun sementara Jawa Tengah 26, 71 kg/kapita/tahun sedangkan Nasional mencapai 41 kg/kapita/tahun.

“Kegiatan ini sebagai wujud dukungan kami terhadap program pemerintah terkait Gemarikan tahun 2018. Dengan adanya kegiatan ini kami targetkan konsumsi ikan di Kabupaten Kendal 25 kg/kapita/tahun, kali ini sasaran kami memang ibu-ibu lantaran sebagai pengatur menu makanan sehari-hari di Keluarga. Kami juga bertujuan mengantisipasi gizi buruk dengan adanya kegiatan ini selain itu tubuh sehat, kuat dan cerdas,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan untuk jenis ikan yang paling bergizi merupakan jenis ikan laut bahkan ikan asin pun masih memiliki gizi namun harus paham cara mengolahnya. Akan tetapi bukan berarti ikan air tawar rendah gizi karena pada dasarnya semua ikan bergizi dengan banyak kandungan omega 3, asam amino, protein, dan dapat meningkatkan imunitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Ir. Agung Setiawan, MM mengatakan dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap konsumsi ikan masyarakat Kabupaten meningkat karena ikan sangat baik untuk tumbuh selain itu secara ekonomi ikan juga harganya lebih murah. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito