Polisi Boleh Bantu Bagi Sembako

by

AKUN Facebook Bambang Prastio (Fb.com/bambang.prastio.3) mengunggah video polisi yang sedang membagikan paket sembako. Tak ada yang aneh dalam video itu. Yang memicu persoalan justru keterangan yang menyertai video tersebut.

”Bagi-bagi sembako di Jogja…. Lho aparat kok ikut-ikutan juga… Bukankah tugasnya sebatas pengamanan…” tulis Bambang Prastio. Polri dan ketua DPR di sejumlah media sebenarnya sudah membahas hal itu. Menurut mereka, tak ada yang salah ketika polisi membantu tugas distribusi sembako dari presiden.

Jawa Pos meminta pendapat Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terkait masalah tersebut. Sebagai instansi yang memiliki tugas pengawasan fungsional kinerja Polri, Kompolnas menilai tindakan polisi yang membantu distribusi sembako dari presiden sebagai hal yang wajar.

”Tidak ada peraturan yang dilanggar. Ini juga masih jauh dari pilpres,” ujar Poengky Indarti, komisioner Kompolnas dari unsur tokoh masyarakat. Menurut perempuan yang dikenal sebagai pegiat HAM itu, jika sudah memasuki masa kampanye, apa yang dilakukan Polri baru bisa dinilai partisan.

Sebenarnya, posting-an Bambang Prastio juga bisa dianggap hoax. Sebab, pembagian sembako dalam video tersebut tidak berlangsung di Jogja seperti yang ditulis, melainkan di Pasar Gede, Solo. (gun/c18/fat)