Metro Pekalongan

Fasya IAIN Pekalongan Gelar Workshop Desain Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI

Workshop KKNI

WORKSHOP – Dosen serta sejumlah pejabat di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengikuti Workshop Desain Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI yang digelar Fakultas Syariah IAIN Pekalongan di Hotel Dafam Pekalongan.

KOTA PEKALONGAN – Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Pekalongan baru-baru ini menyelenggarakan workshop untuk Dosen di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan selama tiga hari pada tanggal 2-5 April 2018 di Hotel Dafam Pekalongan.

Workshop ini mengangkat tema Desain Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI. Workshop diikuti oleh semua Dosen dan dihadiri oleh Rektor IAIN Pekalongan, pejabat di lingkungan Fakultas Syariah, serta Dr Euis Amalia MAg selaku narasumber dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya ini dimoderatori oleh Achmad Muhsin MHum, Kajur Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan Dr Akhmad Jalaludin MA, mengawali paparannya menceritakan kondisi Fakultas Syariah pada umumnya. Fakultas Syariah IAIN Pekalongan sebenarnya fakultas yang cukup tua jika dirunut dari sejarahnya yaitu tahun 1968 tetapi di Brebes menjadi cabang dari IAIN Walisongo Semarang. Kemudian pada tahun 1970 berpindah ke Pekalongan dan pada tahun 1996 menjadi STAIN Pekalongan dimana ada 2 jurusan yaitu jurusan syariah dan jurusan tarbiyah. Kemudian dibuka jurusan Usuluddin, selanjutnya pada tahun 2016 berubah menjadi IAIN Pekalongan dan terbentuknya Fakultas Syariah.

Dia menjelaskan baahwa prodi-prodi yang ada di Fakultas Syariah sebagian masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Pekalongan riil berdiri awal 2017 karena merupakan sebuah institusi baru maka penataan organisasi, penyiapan RIP, Renstra, desain kurikulum dan lain sebagainya membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup banyak.
Kemudian di tahun itu pula Fakultas Syariah dituntut untuk melakukan akreditasi program studi dan juga harus melakukan perubahan kurikulum.

“Oleh karena itu hari ini kita mulai melakukan langkah ke tahap berikutnya yaitu bagaimana cara mendesain kurikulum berbasis KKNI walupun kurikulum yang disusun belum sempurna. Harapannya ada masukan-masukan dari narasumber untuk penyempurnaan kurikulum dan memberikan pencerahan, ilmu dan memberikan pengalaman kepada kami dan yang paling penting kita tahu bagaimana cara mendesain pembelajaran yang berbasis kurikulum KKNI,” paparnya.

Rektor IAIN Pekalongan Dr Dedi Rohayana MAg menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara workshop desain pembelajaran berbasis kurikulum KKNI secara resmi.

Dia menyampaikan bahwa workshop kurikulum berbasis KKNI sangat penting untuk melihat apakah kurikulum yang ada di Fakultas Syariah ini sudah sesuai dengan ketentuan atau belum karena memang para sarjana kedepannya sangat berat tantangannya.

Harapannya dengan kurikulum yang baik atau sesuai tentunya besar harapannya para alumni menjadi alumni yang berkualitas yang siap berkompetisi dengan alumni dari perguruan tinggi lainnya. Karena bagaimanapun, tantangan sarjana-sarjana sekarang lebih besar daripada sarjana sarjana zaman dulu.

“Kita semua juga sudah tahu persoalan-persoalan yang terjadi di bangsa dan Negara kita, masyarakat kita sangat rumit dan kompleks. Kita berharap alumni-alumni Fakultas Syariah IAIN Pekalongan menjadi alumni yang berkualitas yang mampu memberikan kontribusi maksimal untuk bangsa dan Negara,” jelas dia.

Serangkaian acara workshop ini dimulai dari finalisasi Kurikulum Fakultas Syariah, cara mendesain Pembelajaran Kurikulum Berbasis KKNI, penyusunan RPS, dan penyusunan deskripsi mata kuliah. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan Doa yang dibacakan oleh H Mubarok Lc MSI dan kesimpulan penyampaian materi yang disampaikan oleh Narasumber Dr Euis Amalia MAg.

Workshop ini berjalan dengan lancar dan antusias yang tinggi oleh peserta workshop yaitu Dosen Fakultas Syariah, kemudian diakhiri dengan foto bersama dengan narasumber. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments