2.707 Siswa SMA Ikuti UNBK

by
UNBK SMA
LANCAR - Hari pertama UNBK 2017 di Kabupaten Pekalongan berjalan lancar, kemarin. Seluruh peserta mengikuti ujian Bahasa Indonesia. MUHAMMAD HADIYAN
UNBK SMA
LANCAR – Hari pertama UNBK 2017 di Kabupaten Pekalongan berjalan lancar, kemarin. Seluruh peserta mengikuti ujian Bahasa Indonesia.
MUHAMMAD HADIYAN

Hari Pertama Tak Ada yang Absen

Sebanyak 2.707 siswa kelas XII SMA se Kabupaten Pekalongan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), kemarin (9/4). Semua peserta UNBK tersebut menghadiri ruang ujian di hari pertama dengan Mapel Bahasa Indonesia. Selain tak ada yang absen, listrik dan jaringan server juga tak kendala saat pelaksanaan UNBK.

Ketua MKKS Kabupaten Pekalongan, Sugeng, mengatakan, hari pertama semua peserta dari 17 SMA se Kota Santri berangkat semua alias nihil. “Tadi saya koordinasi dengan seluruh kepala sekolah, dan ternyata tak ada yang absen,” ungkap Sugeng, kemarin.

Menurutnya, untuk pelaksanaan UN hari pertama berjalan lancar. Seluruh sekolah SMA di Kabupaten Pekalongan melaksanakan UNBK dengan aman, baik dari jaringan listrik maupun jaringan server.

“Persiapannya sudah matang. Dari hari Sabtu sampai Minggu, Alhamdulillah sudah singkron semua. Kita lakukan singkronisasi untuk servernya, nggak ada masalah. Termasuk jaringan listrik, kita sudah mengimbau ke sekolah-sekolah penyelenggara agar menyediakan genset agar pasokan listrik tercukupi,” jelas Sugeng, yang juga menjabat sebagai Kepala SMA 1 Kedungwuni itu.

Pihaknya telah melakukan koordinasi pula dengan PLN agar tak ada pemadaman bergilir di jam pelaksanaan UN selama empat hari, mulai dari Senin (9/4) hingga Kamis (12/4). “Kita sudah mengirim surat ke PLN agar tidak ada pemadaman bergilir pada saat UNBK berlangsung,” kata dia.

Dijelaskan, untuk mapel UNBK sesuai jadwal dari tanggal 9 sampai 12 April adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Peminatan. Peminatan ini adalah mapel yang dipilih sesuai dengan minat siswa.

“Misal, kalau siswa IPA, maka minatnya di mapel Biologi, Kimia atau Fisika. Sedangkan untuk IPS, peminatan bisa antara Geografi, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, atau Sejarah,” terangnya.

Ia berharap, pelaksanaan UNBK 2017 untuk SMA maupun MA di Kabupaten Pekalongan dapat berjalan aman dan sukses. Sehingga target 10 besar tingkat provinsi dapat tercapai.

“Target kami ada yang masuk 10 besar se provinsi,” tandas Sugeng. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito