Lain-lain

Tips Tidur Nyenyak dengan Pola Makan Berikut Ini!

Tidur berkualitas merupakan salah satu syarat untuk menjalankan gaya hidup sehat. Sayang, karena alasan pekerjaan, tingkat stres yang tinggi, hingga sosial media, banyak orang yang mulai terjangkit insomnia. Alhasil, tidur berkualitas yang dibutuhkan pun sulit terpenuhi.

Untuk mengatasi masalah ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menjalankan pola makan berikut ini.

Konsumsi Camilan Sehat

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi camilan sehat di malam hari, efektif membuat kamu tidur lebih pulas.

Camilan sehat yang dimaksud penelitian ini merupakan camilan yang terbuat dair gandum utuh, tidak mengandung gula dan tinggi serat, camilan tinggi serat yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur.

Minum Jus Ceri

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, menyebut jika konsumsi jus ceri atau buah ceri di sore hari atau di jam makan malam, akan membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Hindari Kafein

Selain meningkatkan mood dan membuat kita lebih fokus, salah satu efek kafein adalah, bisa membuat kita tetap terjaga, sehingga cocok banget dikonsumsi dipagi hari sebagai mood booster.

Karena efek inilah kamu disarankan untuk menjauhi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, cokelat, minuman berenergi dan lainnya, setelah jam 5 sore hingga menjelang tidur.

Olahraga

Olahraga bisa membantu kamu lebih tenang, sehingga kantuk pun akan mudah datang. Tapi mesti diingat, sebaiknya lakukan olahraga di pagi atau sore hari. Pasalnya, olahraga di malam hari justru akan membuat kamu sulit tidur karena kelelahan dan masalah otot.

Selain itu, seimbangkan juga porsi olahraga yang kamu pilih. Idealnya, olahraga dilakukan secara bertahap, baik intensitas, durasi hingga jenisnya.

Batasi Alkohol

Walaupun sedikit, konsumsi alkohol bisa meningkatkan sistem metabolisme, hingga membuat proses tidur jadi terganggu, baik karena kantuk yang sulit datang atau karena sering terbangun di tengah malam dan sulit memejamkan mata kembali.

Selain itu, alkohol pun bisa membuat kamu mendengkur sehingga bisa mengganggu kualitas tidur, dan menyebabkan dehidrasi yang membuat kamu terbangun di tengah malam karena kehausan. Selamat mencoba!

Sumber: www.diasweethealthy.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments