Lulus Tercepat, Agung Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

by
Ujian Doktoral
LULUS - Kepala Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata, dinyatakan lulus Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum Unissula, kemarin.
Ujian Doktoral
LULUS – Kepala Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata, dinyatakan lulus Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum Unissula, kemarin.

BATANG – Stok Doktor di lingkungan Pemkab Batang kembali bertambah. Kali ini ada Kepala Kesbangpol, H Agung Wisnu Barata S Sos MM, yang berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang dengan predikat cum laude.

Agung resmi menyandang gelar itu setelah berhasil lulus Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Unisuula, Senin (2/4). Tidak hanya meraih predikat cum laude dengan IPK 3,85, dia juga tercatat mampu menyelesaikan studi doktoral tercepat.

Meski mengambil studi doktoral Ilmu Hukum, disertasi yang diangkat Agung sendiri sebetulnya masih paralel dengan latak belakang pendidikan sebelumnya. Dia adalah alumnus Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN) dan mendapatkan gelar Sarjana Sosial (S1) dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung dan menempuh Magister Manajemen (MM) dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Dengan bekal ilmu pemerintahan dan manajemen itu, nyatanya Agung juga mengangkat Disertasi berjudul “Rekonstruksi Peraturan Hukum Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah Kabupaten Berbasis Nilai Keadilan Pancasila” dengan promotor Prof Dr Teguh Prasetyo SH M Si dan Co-Promotor Dr H Jawade Hafidz SH MH.

“Alhamdulillah, di tengah aktivitas sebagai Kepala Kesbangpol, saya masih berkesempatan untuk belajar lagi. Bukan soal gelar gelar doktornya, tetapi terutama ilmunya yang bagi saya sangat berharga. Terima kasih kepada Pak Bupati, Pak Wakil, Pak Sekda dan lainnya yang telah mendukung studi doktoral kami,” ungkap Agung usai menyelesaikan ujian terbuka, sore kemarin.

Ilmu doktoral Agung juga terbilang istimewa karena berbasis hukum keadilan Pancasila. Tema itu senafas dengan konsentrasi dia selama ini yang senang mendalami falsafah dan nilai-nilai Pancasila.

“Menyelesaikan S3 ini memang jadi salah satu impian saya sejak lama. Selepas ini, saya sangat berharap agar ilmunya bisa bermanfaat untuk umat, masyarakat dan bangsa, termasuk bagi lingkup pemerintah daerah,” ucapnya. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo