Dongkrak Kunjungan, Bupati Batang Geber Promosi

by
Presentasi Potensi Wisata
PRESENTASI - Bupati Batang, Wihaji mempresentasikan potensi wisata dihadapan ke lima tim penilai dari Keris Jateng. M Dhia Thufail
Presentasi Potensi Wisata
PRESENTASI – Bupati Batang, Wihaji mempresentasikan potensi wisata dihadapan ke lima tim penilai dari Keris Jateng.
M Dhia Thufail

Tawarkan Paket Wisata dan Investasi ke Internasional

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang dalam mempromosikan potensi wisata dan program tahun kunjungan wisata 2022 dengan Tag Line Heaven Of Asia kembali ditunjukkan.

Kemarin, Senin (2/4) Bupati Batang Wihaji, kembali mempromosikan Wisata Batang dalam program koridor perdagangan, investasi dan pariwisata (Keris) Jateng Central Java Ekonomik, Trade Investment and Tourism Corridor Jawa Tengah Bank Indonesia Jateng di Semarang.

Dihadapan ke lima tim penilai dari Keris Jateng, Bupati mempresentasikan beberapa potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Batang. Seperti potensi wisata pantai, laut, gunung dan pertanian. Dimana potensi potensi tersebut nantinya dapat dikembangkan sebagai paket-paket wisata.

Satu diantara potensi wisata yang ditawarkan oleh Bupati Batang ialah Pantai Sigandu. Ia menjelaskan, bahwa dalam Perda No 7 tahun 2011 tentang RTRW, pada Tahun 2011- 2031 kawasan Pantai Sigandu dan Pantai Ujungnegoro masuk dalam kawasan peruntukan Pariwisata.

“Pantai Sigandu-Ujungnegoro memiliki aspek pendukung, seperti panorama Pantai yang Indah, space ruang yang tersedia, keberadaan wisata Taman Safari 4 (Dolphin Center) dan ditambah dengan adanya potensi wisata Religi di Pantai Ujungnegoro,” papar Wihaji.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa Pemkab memiliki skenario pengembangan kawasan rekreasi Pantai dengan luasan 83.940,82 m2. Yang dalam Master Plannya, terdiri dari Halte dan Jalan Lori (kereta mini) dengan luasan 9.842,2 m2, Plaza dengan luasan 5.293,92 m2. Hotel resort dengan luasan lokasi yang ditawarkan 6.539.106 m2, Dermaga dengan luasan 13.903,04 m2, Coffee shop dan restoran dengan luasan 1.600,48 m2. Motel dengan luasan 5.834,39 m2, Drive in view/parker Sigandu-Ujungnegoro dengan luasan 17.640 m2, Golf dengan luasan 100.000 m2. Main gate Sigandu-Ujungnegoro dengan luasan 106,96 m2, open space dengan luasan 45.141,79 m2, Gardu pandang Ujungnegoro dengan luasan 711 m2, Ruang hijau dengan luasan 151.079.929 m2, Sumber Data Master Plan Sigandu-Ujungnegoro.

“Obyek wisata Pantai Sigandu-Ujungnegoro memiliki aspek pendukung yang cukup komplit, seperti pasokan listrik, infrastuktur jalan hotmix dan lokasinya pun dekat dengan akses jalan PANTURA, Jalan Tol dan Stasiun KA,” jelas Wihaji.

Selain itu, ditegaskan juga oleh Bupati, bahwa Pemkab Batang sangat pro investasi. Hal itu dibuktikan dengan adanya kemudahan dalam pelayanan perizinan, dan didukung dengan adanya prosedur regulasi.

Sementara itu, Ketua Tim penilai atau penguji Keris Jateng, Prof Imam Ghosali mengatakan, setelah timnya melihat presentasi potensi wisata di wilayah Kabupaten Batang, mereka menilai, bahwa potensi potensi tersebut sangatlah bagus. Dengan semua potensi wisata yang ada dan semua aspek pendukungnya.

“Konsep cukup menarik, dan tim penilai sangat tertarik, karena dalam perizinan sangat mudah dan transparan. Serta dengan pantai stabil yang tetap menjaga kealamianya karena sekarang dengan natural turisme dengan back to nature,” pungkasnya. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo