Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah

by

Penyebab Cegukan Dilihat dari Kacamata Medis
Cegukan yang berhenti sesudah beberapa menit termasuk cegukan ringan yang tidak berakibat terhadap gangguan kesehatan. Beberapa penyebab kontraksi diafragma ini antara lain :

  • Terlalu banyak makan
  • Minum alkohol yang berlebihan
  • Banyak udara masuk melalui mulut
  • Emosi berlebihan
  • Stress
  • Suhu perut yang berubah tiba-tiba

Jika cegukan berlangsung berjam-jam bahkan hingga berhari-hari, kemungkinan kesehatan Anda sedang terganggu. Sebaiknya periksakan ke dokter agar dilakukan penanganan lebih lanjut. Penyebab cegukan yang berlangsung lama bisa jadi karena adanya gangguan metabolisme tubuh, gangguan pencernaan, pernafasan, gangguan sistem saraf, atau reaksi psikologi. Obat-obatan seperti pereda nyeri, benzodiazepine, anastesi, dan kortikosteroid juga dapat menyebabkan cegukan sebagai efek sampingnya.

Meskipun akan terhenti dengan sendirinya, kita dapat mengatasi cegukan dengan beberapa cara agar bisa berhenti lebih cepat. Cara sederhana yang dapat dilakukan antara lain:

1. Minum Minuman Hangat

Minuman hangat yang masuk ke dalam tubuh akan memperlancar peredaran darah sehingga suplai oksigen terpenuhi. Setelah minum, bungkukkan tubuh Anda sambil menahan nafas. Cara ini juga mampu mengatasi cegukan lebih cepat.

2. Minum Air Perasan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat mengatasi gangguan pada saraf vagus. Peras jeruk nipis langsung ke dalam mulut tanpa dicampur gula agar khasiatnya lebih efektif.

3. Tahan Nafas

Cara ini yang paling umum dilakukan orang. Tahanlah nafas sekuat yang Anda mampu. Menahan nafas dapat meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh sehingga cegukan mudah terhenti.

4. Menekuk Kedua Lutut

Tarik lutut Anda ke depan dada dan tekan perlahan. Hal ini akan meredakan kontraksi diafragma Anda.

5. Mengulum Gula

Gula dapat merangsang otot diafragma. Kulum gula dalam beberapa menit lalu telan.

6. Es Batu

Tempelkan es batu pada tenggorokan Anda untuk merelaksasi saraf sehingga cegukan akan hilang.

7. Julurkan Lidah

Ini dilakukan untuk merangsang saraf vagus dan nasofaring. Saraf vagus dapat mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

8. Headstand

Posisikan kepala Anda secara terbalik seperti sedang melakukan yoga. Berdirilah di atas ubun-ubun dan luruskan kaki ke atas.

Anda dapat melakukan salah satu dari cara di atas untuk mengatasi cegukan Anda. Jika dengan cara sederhana tidak menyembuhkan cegukan Anda, kemungkinan ada sebab serius yang membutuhkan penanganan khusus. Jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Sumber: www.magwuzz.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )