Pelajar Berintegritas Calon Pemimpin Bangsa

by
Pelajar Berintegritas Calon Pemimpin Bangsa
BERI - Pembicara tengah memberikan materi dalam acara Sosialisasi Lembaga Penyelenggara Pemilihan, Minggu (31/3). FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN
Pelajar Berintegritas Calon Pemimpin Bangsa
BERI – Pembicara tengah memberikan materi dalam acara Sosialisasi Lembaga Penyelenggara Pemilihan, Minggu (31/3).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KOTA – Pelajar berintegritas dinilai mampu untuk menjadi calon pemimpin bangsa Indonesia ke depan. Pelajar sekolah dinilai sebagai sasaran yang tepat dalam menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, agar tumbuh sebagai generasi yang penuh keberanian dan mampu menjaga moralitas.

Demikian disampaikan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Idha Budhiati, dalam acara Sosialisasi Lembaga Penyelenggara Pemilihan Umum dan Kepala Daerah, serta Peresmian Forum Pelajar Berintegritas (FPB) Kota Pekalongan pada Sabtu (31/3) di SMAN 1 Pekalongan.

“Inovasi pembentukan Forum Pelajar Berintegritas ini menjadi satu role model dengan tujuan mulia, yakni menyiapkan sumber daya manusia yang berintegritas dan mendukung revolusi mental dari pemerintah. Saya mengapresiasi dan saya rasa forum ini baru ada di Kota Pekalongan,” ujar Idha, sapaan akrabnya.

Idha berharap, FPB dapat terus berkelanjutan di lingkup yang lebih besar dengan membuat kegiatan yang produktif. Menurutnya, FPB adalah cikal bakal pendidikan pemilih berkelanjutan yang dapat berpartisipasi aktif di penyelenggaraan Pemilu dan demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua FPB, Bintang Jihad Mahardhika menuturkan, FPB merupakan sebuah forum yang mewadahi para pelajar untuk belajar dan peduli terhadap jalannya demokrasi di Indonesia baik Pemilu maupun Pilkada. Anggota FPB berasal dari pelajar SMA/SMK yang tergabung dalam Majelis Perwakilan Kelas (MPK) di sekolah masing-masing.

“Tujuan pendirian FPB ini adalah supaya para pelajar yang notabene pemilih pemula dapat khususnya peduli terhadap pemilihan umum dan demokrasi di Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Beberapa sekolah yang tergabung dalam FPB antara lain, SMAN 1 Pekalongan, SMAN 2 Pekalongan, SMAN 3 Pekalongan, SMAN 4 Pekalongan, SMA Islam, SMK Veteran, dan SMKN 2 Pekalongan. Forum yang beranggotakan sekitar 30 pelajar ini dibentuk pada pertengah Februari lalu. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin