Radar Pendidikan

Tari Gringsingan Hidupkan Budaya Lokal Batang

Tari Gringsingan

BERSAMA – Tim tari grinsingan SMPN 1 Pecalungan siap tampil dalam gelaran lomba Festival Tari Gringsingan, Senin (26/3).
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

PECALUNGAN – SMPN 1 Pecalungan menjadi salah satu sekolah yang merutinkan tari gringsingan sebagai ekstra kurikuler sekolah. Kegiatan ekskul ini dilakukan tiap Rabu usai kegiatan belajar mengajar.

Selain merupakan instruksi disdikbud Batang, tari gringsingan sendiri diharap dapat mengajak generasi muda Batang untuk menghidupkan kearifan lokal. Terlebih Tari Gringsingan ini memiliki filosofi mendalam yang diambil dari kehidupan masyarakat pantura Batang.

“Dengan adanya kegiatan ini kami harap anak muda dapat turut serta menghidupkan kearifan lokal. Salah satunya dengan Tarian Gringsingan. Karena mereka adalah generasi muda yang menjadi agen penerus eksistensi tarian ini ke generasi selanjutnya,” terang Kepala SMPN 1 Pecalungan melalui pembina ekskul tari Abdul Aziz SPd.

Selain aktif nguri-nguri budaya lokal, pihaknya kini juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba pihaknya berharap dengan adanya lomba ini mampu meningkatkan motivasi siswanya untuk menggeluti keseninan tari tradisional.

Pihaknya berharap dapat meraih prestasi terbaik lewat lomba ini. Sehingga tari kesenian daerah tak hanya menjadi wadah ekspresi siswajya. Tapi juga menjadi ajang untuk mengukir prestasi.

“Secara akademik memang kami tidak bisa disamakan dengan sekolah yang ada di kota. Namun kami berusaha menggali potensi anak didik kami di bidang lain. Karena banyak minat dan bakat siswa yang perlu kami tampuh dan apresiasi,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments