Radar Batang

Seriusnya Wihaji, HUT Batang pun Usung Tema Wisata dan Investasi

Dr Retno Dwi Irianto MM

Dr Retno Dwi Irianto MM

BATANG – Keseriusan Pemkab Batang di bawah kepemimpinan Wihaji-Suyono mewujudkan program-program unggulannya sepertinya tak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai bukti kengototannya, investasi dan wisata bahkan ditetapkan menjadi tema utama peringatan HUT Batang ke-52.

Ya, Panitia Hari Jadi telah menyepakati tema HUT Batang tahun ini dengan tajuk “Ayo Investasi dan Piknik ke Batang”. Tak sekadar jargon, tema itu juga telah di-breakdown dalam rangkaian peringatan selama satu bulan penuh, baik yang berskala lokal, regional, maupun nasional.

“Tema ini menjadi cara Pak Bupati untuk menunjukkan ke masyarakat, mengajak mereka semua untuk mensukseskan program-program unggulan Batang. Salah satu yang paling trademark tentu saja Batang Heavent of Asia, sehingga wisata masuk dalam tema bersama investasi,” terang Ketua Harian Panitia Hari Jadi Batang ke-52, Dr Retno Dwi Irianto MM, Senin (26/3).

HUT Batang ke-52 sendiri jatuh pada 8 April mendatang. Namun rangkaian acaranya telah didesain untuk satu bulan penuh sebagai bentuk promosi wisata dan investasi daerah ke masyarakat lokal, regional dan bahkan nasional. Semua persiapannya menurut Retno telah dilakukan sejak jauh-jauh hari atas arahan langsung Bupati.

“Yang jelas, sesuai tagline Batang yang baru, nantinya masyarakat akan disuguhkan dengan hasil inovasi dan kreativitas yang benar-benar fresh, termasuk melibatkan elemen masyarakat,” ujar Asisten 1 Sekda itu.

Secara umum, rangkaian HUT Batang memuat 2 even utama. Pertama, rangkaian pokok yang bersifat protokoler, yakni rapat paripurna DPRD pada 6 April 2018, ziarah leluhur, upacara hari jadi di Alun-alun Batang dilanjut kirab budaya pada 8 April.

Kedua, acara pendukung yang memuat banyak even menarik. Untuk menyebut di antaranya, yakni pentas kesenian, lomba photography, pelayanan kesehatan gratis, Batang Bersholawat, isbath nikah massal, penyajian hidangan massal 10.000 ikan pepes yang ditargetkan memecahkan rekor MURI, dan lainnya.

“Kecuali itu, ada event berskala nasional yang diharapkan jadi magnet mempromosikan investasi dan wisata Batang, yakni Fun Fly Paralayang di Bukit Sikuping, Banyuputih pada 27 dan 28 April. Event ini akan dihadiri atlet-atlet paralayang nasional, sehingga efektif untuk promosikan wisata Batang. Kami berharap seluruh elemen masyarakat bisa ngayuh bagyo, bersama-sama mensukseskan perayaan HUT Batang tahun ini,” jelas Retno. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments