Radar Pendidikan

SD Muhammadiyah 01 Pekajangan Safari Tahfidz Latih Hafalan

SD Muhammadiyah 01 Pekajangan

SETOR – Siswa SD Muhammadiyah 01 Pekajangan menyetorkan hafalan surat Alquran kepada masyarakat di sekitar Lapangan Gemek kedungwuni.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

PEKAJANGAN – Dalam rangka memotivasi siswa agar meningkatkan kuantitas dan kualitas hafalan Alquran, SD Muhammadiyah 01 Pekajangan menggelar kegiatan Safari Tahfidz di Lapangan Gemek Kedungwuni.

Dalam kegiatan ini, siswa kelas IV Thoriq Bin Ziyah yang berjumlah 26 anak meminta pengunjung untuk menyimak hafalan serta memberikan tanda tangan di buku hafalan siswa.

Guru kelas IV sekaligus penggagas Safari Tahfidz, Alan Firlianto menuturkan, ide kegiatan ini dicetuskan untuk memanfaatkan waktu jeda tengah semester. Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyukseskan program Hafal Alquran lima juz yang diusung oleh SD Muhammadiyah 01 Pekajangan.

“Awalnya ini hanya alternative class programe untuk memanfaatkan jeda PTS, untuk mengasah kecerdasan sosial anak dengan cara berlatih komunikasi dengan orang-orang baru yang mereka temui,” ujarnya kepada Radar.

Selain siswa kelas IV, kegiatan Safari Tahfidz juga dilakukan oleh siswa kelas 1 dan 2 dengan bertandang ke Rumah Tahfidz Aisyiyah Pekajangan. Dalam kegiatan tersebut, siswa diajarkan cara menghafal yang baik dan diberikan bekal motivasi untuk menghafal Alquran. Sebanyak 28 siswa kelas 1 dan 26 siswa kelas 2 mengikuti kegiatan tersebut.

“Harapan kami, program Safari Tahfidz ini bisa diadopsi oleh sekolah sehingga semua jenjang kelas bisa mengadakan kegiatan serupa, dan dijalankan secara rutin,” lanjut Alan, sapaan akrabnya.

Dijelaskan, selain Safari Tahfidz, Alan juga tengah menggagas kegiatan Dauroh Tahfidz yang akan diikuti oleh siswa kelas VI selama satu minggu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan setelah Ujian Sekolah selesai. Alan berharap, kegiatan yang dirancang dapat mendukung dan menyukseskan program hafal Alquran lima juz yang diusung oleh SD Muhammadiyah 01 Pekajangan. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments