Radar Batang

Aksi Tegas Wihaji Panen Pujian

Perbaiki Jalan

DIPERBAIKI – Salah satu ruas jalan di Kecamatan Warungasem mulai diperbaiki secara permanen oleh pihak PT Waskita pada Kamis (22/3) sore.

Waskita Langsung Perbaiki Jalan

Aksi tegas Bupati Batang, Wihaji, mendatangi kantor perwakilan PT Waskita Waskita Karya, Kamis (22/3) kemarin, menuai apresiasi dan pujian dari berbagai kalangan. Sikap geregetan Wihaji yang menagih janji perbaikan jalan dianggap mewakili sebagian besar masyarakat terdampak proyek tol yang telah lama marah dengan perusahaan BUMN penggarap tol Trans Jawa itu.

Selain kerusakan jalan yang telah berlangsung lama akibat rutin dilalui armada pembawa material proyek tol, keputusan Bupati menggeruduk kantor Waskita juga turut dipicu oleh bertambahnya pengguna jalan yang menjadi korban tewas karena melintasi ruas yang rusak parah. Warga Desa Cepagan dan Sidorejo, Kecamatan Warungasem, bahkan kembali menutup jalan sebagai bentuk protes atas meninggalnya salah seorang pengendara motor.

Langkah tegas Bupati karenanya mendapatkan dukungan luas. Bentuk dukungan itu juga terpantau di jejaring maya. Terbukti, di laman radarpekalongan.co.id, berita berjudul “Bupati Batang Marah, Datangi Kantor Waskita Karya” langsung disebur pembaca. Sampai berita ini ditulis, Jumat petang, sudah lebih 3.600 orang yang mengunjungi. Bahkan, tercatat ada 740 akun facebook yang membagikan link berita ini.

Sementara di laman fanspage Radar Pekalongan, sudah ratusan akun yang memberikan komentar. Sebagian besar memuji langkah Bupati yang disebutnya layak ditiru daerah lain. “Bagus itu baru bupati tegas,” komentar pemilik akun Tarral tara.

“Nah ini baru pemimpin yang tegas..kasihan pengguna jalan. kalau jalan ancur nyawa bisa jadi taruhan,” tulis akun Pratama Arda.

Dukungan pun diberikan oleh pemilik akun Denbagues Shingarso. “Maju terus Wihaji, jangan sampai tunggu korban lagi, warga Batang bersamamu,” tulisnya.

Akun Andi Comal juga menyampaikan pujian untuk Wihaji. “Mantap sekali Bapak Bupati ini, pasti rakyatnya senang dengan kinerja bapak,” tulisnya.

Tak hanya menuai apresiasi, aksi nyata Wihaji itu juga langsung ditindaklanjuti PT Waskita. Terbukti, sejak Kamis sore, pekerja mereka mulai melakukan pengecoran ruas jalan yang rusak. Hal itu dibenarkan Camat Warungasem, Willopo AP MM, yang ditugasi Bupati mengawal janji perbaikan.

“Alhamdulillah, kemarin sore sampai malam, pihak Waskita mulai melakukan perbaikan ruas yang rusak. Kemarin itu Dukuh Krajan, Desa Cepagan sudah dilakukan pengecoran sepanjang lebih dari 40 meter. Saya belum mengecek yang hari ini, tapi laporan dari pegawai kecamatan katanya masih berlanjut,” terangnya.

Namun selepas shalat Jumat, kegiatan pengecoran terpaksa dihentikan sementara atas permintaan Kades dan warga Cepagan, menyusul ada kegiatan peringatan isro mikroj dan syukuran pembangunan masjid. Willopo juga tetap mengapresiasi upaya protes warga Sidorejo dan Cepagan yang sengaja memblokir jalan.

“Paling tidak, aksi protes warga kan tidak membabi buta. Aksi penutupan jalan ini juga jangan hanya dipandang negatif. Karena cara ini juga sekaligus untuk mengingatkan pengguna jalan agar lebih berhati-hati, karena memang kondisi jalan rusak parah. Mobil saja bisa terperosok, apalagi motor. Kami juga mengapresiasi PT Waskita yang mau menindaklanjuti tuntutan Pak Bupati dan warga, mengingat sudah ada 2 korban yang meninggal dunia,” jelasnya. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments