Persiapkan UN, MTs NU Karanganyar Laksanakan Tryout Kedua

by
MTs NU Karanganyar
UJIAN - Suasana Ujian siswa MTs NU Karanganyar, Minggu (04/02). EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN
MTs NU Karanganyar
UJIAN – Suasana Ujian siswa MTs NU Karanganyar, Minggu (04/02).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

TIRTO – Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Karanganyar gelar tryout kedua jelang Ujian Nasional yang akan dilaksanakan April 2018 mendatang.

Dalam pelaksanaan tryout kali ini, kegiatan juga dibarengkan dengan pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) bagi siswa kelas VII dan VIII, serta Ujian Akhir Semester (UAS) bagi kelas IX. “Ini tryout yang kedua, Insya Allah nanti akan ada tryout satu kali lagi, yang ketiga,” tutur Kepala Madrasah Tsanawiyah NU Karanganyar, Khoerun SPd, kepada Radar Pekalongan, Minggu (04/02).

Mengaku masih menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), MTs NU Karanganyar, berfokus pada persiapan materi dan mental siswa jelang Ujian Nasional nanti. “Sebelumnya kami rutin adakan jam pelajaran tambahan setiap sore hari,” ujar Pak Khoerun, sapaan akrabnya.

Menurut penuturan salah seorang siswa kelas IX, Reva, meski harus mempersiapkan Ujian yang terdiri dari dua hingga tiga mata pelajaran dalam sehari, ia mengaku tidak terlalu terbebani. Hal tersebut dikarenakan mereka sudah mulai terbiasa dengan pemadatan jam dengan berbagai mata pelajaran yang ada. Kendati demikian mereka mengaku tetap mempersiapkan segala sesuatu agar dapat mencapai hasil maksimal.

Turut dijelaskan, meski bukan tergolong Madrasah Tsanawiyah yang telah lama berdiri, MTs NU Karanganyar tetap berupaya untuk membuktikan diri dan bersaing dalam hal prestasi dengan sekolah-sekolah lain baik untuk tingkat SMP maupun MTs di Kabupaten Pekalongan. “Alhamdulillah tahun kemarin untuk UN tingkat MTs ke kabupaten kami peringkat 2, kemudian untuk tingkat SMP/MTs kami dapat peringkat 14,” jelas pria asal Desa Karanganyar Kecamatan Tirto ini.

Hal itu pula yang mendorong MTs NU Karanganyar untuk terus meningkatkan prestasi dan membuktikan diri bahwa siswa MTs juga mampu bersaing. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin