Home Lain-lain Suka Bermain Gitar? Ini Manfaatnya

Suka Bermain Gitar? Ini Manfaatnya

by Admin 1

Gitar merupakan salah satu alat musik yang memberi pengaruh dalam musik dan menjadi alat musik yang paling sering dimainkan saat pertunjukan maupun lainnya. Rupanya, gitar juga memiliki manfaat bagi yang memainkan dan juga pendengarnya ,lho! mau tahu manfaatnya,berikut ulasanya…

Melatih Konsentrasi

Untuk menghasilkan nada yang sesuai tentu tidak sembarangan dalam memainkannya, perlu teknik dan tata cara tersendiri untuk bermain musik. Misalnya saat memainkan gitar, kita harus benar-benar konsentrasi agar bisa menekan senar secara tepat atau saat bermain drum, ada bagian-bagian tertentu yang harus dipukul, semua hal tersebut perlu konsentrasi tinggi sehingga tak heran jika orang-orang yang bergelut dalam dunia musik memiliki tingkat konsentrasi yang baik

Meningkatkan Daya Ingat

Untuk bisa memainkan gitar secara benar, dengan berbagai not dan tangga lagu yang berbeda tentu perlu ingatan yang kuat dalam melakukannya, hal ini melatih daya ingat seseorang secara disadari atau tidak saat bermain gitar.

Mengajari untuk Tekun

Untuk menguasai satu alat musik bukanlah hal yang mudah terlebih jika memulainya dari nol dan tanpa bimbingan orang yang telah ahli atau bisa. Namun berkat keinginan yang kuat dan ketekunan dalam berlatih, seseorang dapat menjadi mahir. Perlu latihan yang disiplin dan ketekunan untuk bisa memainkannya, sehingga dalam proses belajar gitar itulah diri kita dilatih untuk tekun. Ini merupakan nilai positif yang didapat dari manfaat bermain gitar yang harus Anda ketahui.

Mampu Mempengaruhi Emosi

Saat kita mendengarkan petikan gitar selalu ada emosi yang seakan ikut terbawa. Tidak usah heran dengan hal ini, karena salah satu dari manfaat bermain gitar adalah dapat memengaruhi emosi jiwa seseorang, baik yang memainkan gitar maupun yang mendengarkan.

Menghilangkan Stress

Seringkali saat kita suntuk atau sedang stress, setelah mendengarkan musik dan bermain gitar, perasaan dan pikiran seakan lebih tenang.

Meningkatkan Kreativitas

Orang-orang yang dekat dengan dunia musik adalah orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi. Dimulai dari mempelajari alat musik gitar kemudian bisa berkembang mencoba mengutak-atik nada dan menulis lagu. Semua itu merupakan bagian dari kreativitas yang tak dapat dipisahkan mengenai manfaat bermain gitar.

Melatih Untuk Banyak mendengar

Salah satu pancaindera utama yang berperan penting dalam musik adalah telinga, hal ini membuat kita banyak belajar mendengar saat sedang bermain gitar. Bagaimana membedakan nada, not dan lirik merupakan dari bagian dalam mendengarkan yang baik. Hal ini akan terbawa dalam sikap kita saat berinteraksi dengan orang lain. Menjadi pendengar yang baik terkadang menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh orang di sekitar kita.

Membangun Rasa Percaya Diri

Ada kebanggaan tersendiri saat seseorang bisa memainkan alat musik gitar. Tak heran jika gitar dapat membangun rasa percaya diri, terlebih saat harus tampil didepan umum.

Melatih Kepekaan

Saat seseorang tergabung dalam kelompok musik seperti band atau grup vocal, ada ikatan batin yang terjalin secara perlahan saat mereka berkumpul dan berlatih bersama-sama. Melalui gitar, sensitifitas seseorang menjadi lebih terasah.dan yang terakhir dari manfaat bermain gitar lainya.

Menghargai Waktu

Ketika harus latihan teratur atau les musik sesuai jadwal, mereka yang benar-benar ingin bisa dalam bermain alat musik gitar akan menghargai setiap waktu untuk hal-hal yang dapat membuat mereka semakin mahir.

Sumber: Selalu Ada
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYYAH KOTA PEKALONGAN)

Related Articles