Masyarakat Disarankan Terdaftar di DTKS Agar Menjadi Prioritas Penerima Bansos

oleh -

WONOPRINGGO – Masyarakat khususnya yang kurang mampu atau miskin disarankan agar terdaftar di DTKS supaya menjadi prioritas penerima bansos dari Pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PKB H. Sukirman saat melakukan Sosialisasi Non Perda Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sarana untuk bansos di Balai Desa Gondang, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Rabu (23/11/2022).

Sukirman menjelaskan betapa pentingnya terdaftar di DTKS khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Semua jenis bansos dari Pemerintah seperti PKH, BLT BBM, BLT, BPNT, dll, syaratnya memang harus terdaftar di DTKS,” jelasnya.

Selain mensosialisasikan DTKS sarana untuk bansos, Sukirman juga menyerap usulan atau aspirasi dari warga Gondang seperti Senderan, RTLH atau bedah rumah, Normalisasi serta pengembangan untuk para pemuda dan masyarakat.

“Semua usulan ini saya catat dan saya masukkan dalam surat perjanjian kontrak usulan warga. Gunanya agar usulan dari masyarakat bisa saya akomodir serta tercatat sehingga tidak lupa,” ujarnya.

Terkait dengan program RTLH, Sukirman meminta kepada pihak Pemerintah Desa untuk mendata dan mensurvei secara langsung agar tepat sasaran.

“Di program RTLH, ada dana stimulan sebesar Rp 25 juta yang bisa digunakan untuk merehab rumah, bentuknya bisa material maupun yang lain untuk kepentingan pembangunan,” tuturnya.

Semoga nantinya, usulan warga Gondang bisa direalisasikan pada tahun anggaran selanjutnya demi kepentingan dan kemaslahatan masyarakat.