Pejabat Lama Meninggal, Dua Kades PAW Dilantik Pj Bupati Batang

oleh -
BERI SELAMAT - Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki memberikan selamat kepada dua kades terpilih saat pelantikan di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (24/11/2022).

BATANG – Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki melantik dua kepala desa pengganti antar waktu (PAW), Rabu (23/11/2022). Kedua kades PAW ini merupakan kades dari Sojomerto Kecamatan Reban dan Kebondalem, Gringsing. Keduanya menggantikan kades sebelumnya yang meninggal dunia.

“Lakukan seluruh kegiatan desa sesuai aturan yang ada. Anggaran yang masuk ke Sojomerto dan Kebondalem luar biasa,” ujar Lani memberi nasehat kepada kades yang dilantik.

Ia juga meminta para kades bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam rangka menjaga keamanan desa. Kades juga harus bisa memenuhi kebutuhan dasar warganya. Pelayanan pemerintah desa harus dilakukan dengan baik karena berkaitan dengan hak-hak masyarakat desa. “Kades sebagai ujung tombak harus bisa merangkul segala golongan. Lalu, kades juga harus paham tugas fungsinya,” tegasnya.

Kepala Desa Sojomerto yang baru dijabat oleh Subhan, yang akan bertugas hingga 27 Desember 2025. Sedangkan Kepala Desa Kebondalem dijabat Ali Makruf, bertugas hingga 28 November 2025.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinpermades Kabupaten Batang, Rusmanto membenarkan jika dua kepala desa sebelumnya meninggal dunia karena sakit. Ia menjelaskan proses PAW melibatkan perwakilan berbagai golongan di lingkungan desa. Untuk Kebondalem terpilih secara aklamasi melalui musdes.

“Iya, keduanya meninggal karena sakit. Dan untuk PAW nya sendiri melibatkan unsur perwakilan masyarajkat, dan disetujui pemilihan lewat aklamasi melalui Musdes,” pungkasnya. (nov)