Bantu Penguatan Budaya Literasi

oleh -
DENGARKAN - Peserta sarasehan mendengarkan sambutan dari Bunda literasi.

*Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Pekalongan

KOTA – Peningkatan budaya literasi masyarakat di Kota Pekalongan terus dilakukan, salah satunya melalui kegiatan Roashow Bunda Literasi. Kali ini, Roadshow Bunda Literasi menyapa Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Pekalongan yang dirangkai sekaligus dalam acara Sarasehan dan Pengukuhan Pengurus IPI Kota Pekalongan yang baru, berlangsung di Aula Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Selasa (22/11/2022).

Bunda Literasi Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengapresiasi adanya kegiatan ini, dimana dalam sarasehan ini bisa diketahui kendala-kendala yang dihadapi para pustakawan maupun pegiat literasi dalam memajukan budaya literasi masyarakat Kota Pekalongan, sehingga akan muncul solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut.

“Selain itu, di acara sarasehan ini juga diselenggarakan pemilihan Ketua IPI dan pengurus yang baru untuk periode 3 tahun ke depan. Meski pemilihan kepengurusan IPI ini sempat tertunda, kami berharap pengurus IPI terbaru nanti mampu membantu Pemerintah Kota Pekalongan dan Saya selaku Bunda Literasi untuk bersama-sama menguatkan budaya literasi masyarakat Kota Pekalongan,” ucap Inggit.

Ketua IPI Kota Pekalongan, Yusti Huda Diana menjelaskan bahwa, saat pandemic Covid-19 lalu, kegiatan-kegiatan dan program kerja IPI Kota Pekalongan sempat terkendala. Namun, pihaknya bersama pengurus lama lainnya masih tetap memberikan perhatian dalam penguatan budaya literasi di wilayah setempat.

“Untuk kepengurusan yang terbentuk nantinya tidak hanya melibatkan pustakawan sekolah, melainkan juga akan menggandeng pengelola perpustakaan masyarakat dan pegiat literasi lainnya dan program kerja ke depan IPI bisa disinergikan dengan kegiatan penguatan literasi yang dilakukan oleh Pemkot melalui Dinarpus dan Bunda Literasi Kota Pekalongan,” tandasnya. (mal)