Musim Hujan, Sekolah Rawan Terdampak Bencana

oleh -
PELATIHAN - Ratusan siswa-siswi SMPN 1 Brangsong mendapat pelatihan penanggulangan bencana dari BPBD Kendal.

*Ratusan Siswa Dilatih Tangani Korban

KENDAL – Musik hujan meningkatkan risiko bencana alam, di mana dampaknya juga dirasakan lingkungan sekolah. Karena itu, ratusan siswa-siswi SMPN 1 Brangsong mendapat pelatihan penanggulangan bencana di sekolah, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Rabu (23/11/2022).

Pelatihan dilaksanakan di halaman sekolah dan ruang kelas. Para siswa dilatih menangani bencana alam maupun bencana kecelakaan jika terjadi di lingkungan sekolah.

Kepala SMPN 1 Brangsong, Sri Hardanto mengatakan, pelatihan ini sangat dibutuhkan para siswa. Sebab penanganan bencana tidak asal-asalan namun juga butuh ilmu dan keterampilan. Untuk itu, pihaknya menghadirkan BPBD Kendal untuk melakukan pelatihan cara menangani bencana di sekolah.

“Para siswa dilatih ketika terjadi gempa, sehingga harus bagaimana , kemudian juga dilatih cara menolong temanya ketika terjadi kecelakaan atau tertimpa bencana. Sehingga ketika ada bencana yang sifatnya ringan para siswa sudah dapat menangani secara benar,” katanya.

Pembimbing dari BPBD Kendal, Khaerul Huda mengatakan, para siswa juga dilatih cara mengangkat korban, langkah apa saja yang harus dilakukan. Termasuk cara membawa tandu atau tempat tidur korban untuk dibawa ke pos kesehatan maupun di bawa ke mobil ambulans. “Diharapkan setelah ada pelatihan para siswa tidak bingung ketika menghadapi bencana,” ucapnya.(lid)