Stok Darah di Rumah Sakit Menipis, Ikatan Keluarga Dewan (IKD) DPRD Kendal Gelar Donor Darah

oleh -
Stok darah di setiap rumah sakit menipis. Sebagai bentuk kepedulian dalam memenuhi kebutuhan akan darah, Ikatan Keluarga Dewan (IKD) DPRD Kendal menggelar kegiatan donor darah. NUR KHOLID MS

*Bentuk Kepedulian Kemanusiaan untuk Pemenuhan Kebutuhan Darah

KENDAL – Keberadaan stok darah di setiap rumah sakit menipis. Menyikapi hal itu, sebagai bentuk kepedulian dalam memenuhi kebutuhan akan darah, Ikatan Keluarga Dewan (IKD) DPRD Kendal menggelar kegiatan donor darah, Rabu (23/11/2022) di ruang Rapat Paripurna DPRD Kendal.

Donor darah diikuti sebanyak 28 orang pendonor sesuia dengan kapasitas kantong yang disediakan oleh panitia penyelenggara.

Ketua IKD DPRD Kabupaten Kendal, Hj Af’idatul Budur mengatakan, kegiatan donor darah ini dilakukan, setelah pihaknya mendapat data dari PMI Pusat, bahwa stok darah di sejumlah rumah sakit persediaannya sedikit, terlebih stok darah golongan tertentu.

“Domor darah ini bentuk kepedulian IKD Kabupaten Kendal, agar persediaan darah di Kabupaten Kendal mencukupi,” kata Ketua IKD Kabupaten Kendal, Af’idatul Budur.

Af’idatul Budur mengungkapkan, dengan keberadaan stok darah di PMI mencukupi, maka siapapun yang membutuhkannya tidak akan lagi kesulitan. Kegiata donor darah ini baru yang kalipertamanya, sehingga kedepan akan dijadikan agenda rutin melakukan giat donor darah setiap tiga bulan sekali.

“Ini kali pertamanya IKD Kendal gelar donor darah. Setiap tiga bulan sekali nantinya kami akan lakukan donor darah di tempat yang sama,” ungkap Af’idatul Budur yang juga istri dari Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun.

Dokter pelaksana donor darah, Dokter Agus Suwondo mengatakan, hingga kemarin, stok darah di PMI Kendal, untuk golongan darah A sebanyak 62 kantong, golongan darah B sebanyak 52 kantong, golongan darah O sebanyak 114 kantong dan golongan darah AB sebanyak 21 kantong. Yakni dengan jumlah total 249 kantong.

“Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, di PMI Kendal, tidak pernah kekurangan darah. Karena jadwal donor darah selalu bisa terpenuhi. Hanya saja, saat pandemi Covid-19 sempat devisit yakni golongan darah B dan A, namun itu bisa teratasi,” katanya .(adv/lid)