Subari Rela Hibahkan Tanah 1.800 Meter untuk Dibangun Embung

oleh -
INSPIRATIF - Meski kondisinya sederhana, petani di Desa Kalibareng, Patean, Subari (60), rela menghibahkan tanahnya demi membantu sesama petani.

*Prihatin dengan Petani Desanya yang Sulit Air

KENDAL – Seorang petani di Desa Kalibareng, Kecamatan Patean, Subari (60), merelakan tanahnya seluas 1.800 meter persegi untuk dihibahkan guna pembangunan embung. Hal itu demi melihat masyarakat tani di desanya tak kekurangan air untuk pengairan lahan pertanian.

Pembangunan infrastruktur pertanian ini merupakan bagian dari proyek 1.000 embung di Jawa Tengah yang digagas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Warga petani yang menghibahkan tanahnya tersebut merupakan salah satu warga yang terdaftar penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).

“Prihatin lihat warga kesulitan dapat air untuk lahan pertanian. Sedangkan tanah saya airnya melimpah. Sehingga saya niatkan menghibahkan tanah untuk dibangun embung,” kata Subari, Selasa (22/11/2022).

Melihat sesama petani di desanya kekurang air, Subari langsung berinisiatif untuk menghibahkan tanahnya agar para petani bisa mendapatkan air untuk kebutuhan pertanian sehingga bisa menghasilkan penen yang berlimpah.

“Motivasi saya ya supaya petani juga bisa merasakan air. Kalau saya bisa panen banyak kenapa mereka tidak,” ungkapnya.

Subari yang sehari-harinya merupakan petani ini mengaku ikhlas menghibahkan tanahnya demi kemajuan para petani di desa Kalibareng. “Harapan saya petani sini bisa maju, embung itu juga bisa dimanfaatkan dan bermanfaat untuk para petani,” ujarnya.