‘Jarum Emas’, Layanan Tanpa Antre dari Dindukcapil Kota Pekalongan

oleh -
ADMINDUK - Sejumlah warga sedang mengurus dokumen administrasi kependudukan di Kantor Dindukcapil Kota Pekalongan.

KOTA – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan terus melakukan berbagai inovasi terkait pelayanan kependudukan. Salah satu inovasinya yakni layanan ‘JARUM EMAS’, singkatan dari ‘Jadi Antar Rumah Menyenangkan Masyarakat’.

Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan Slamet Hariyadi menjelaskan bahwa layanan Jarum Emas tersebut semakin menambah kemudahan pelayanan kepada warga. Warga tanpa harus antre saat mengambil dokumen.

“Hal itu dikarenakan petugas akan mengantarkan dokumen kependudukan langsung ke rumah warga sesuai dengan permintaan, dan tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya, baru-baru ini.

Dia mengatakan dalam memberikan layanan tersebut Dindukcapil bekerja sama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Pekalongan.

“Kami memastikan seluruh layanan Dindukcapil gratis, sehingga warga bisa memanfaatkan layanan yang ada dengan baik. Hingga November ini, tercatat sudah ada sekitar 7.073 dokumen kependudukan yang diterbitkan,” ungkapnya.

Jumlah tersebut menurut Hariyadi mencakup Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat pindah, Akta kelahiran, Akta kematian, Akta perwakinan, Pencetakan dan perekaman KTP.

Tak hanya mengoptimalkan pelayanan secara langsung di Kantor Dindukcapil, Slamet Hariyadi juga menyebutkan pelayanan terkait adminduk juga bisa dilakukan secara online yang bisa dimanfaatkan oleh warga. (way)