Sabar, UMK Batang 2023 Masih Dirembug

oleh -
PENJELASAN - Kepala Disnaker Batang, Suprapto, saat menjelaskan regulasi baru yang mempengaruhi proses pembahasan UMK tahun 2023.

*Harus Menyesuaikan Regulasi Baru

BATANG – Hingga kini angka final Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2023 di Kabupaten Batang belum final. Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang, Suprapto menyampaikam UMK Batang 2023 masih dirembug. Hal ini lantaran UMK 2023 akan ditetapkan dengan formula baru.

“Baru saja kami melakukan rapat bersama Dewan Pengupahan yang terdiri dari unsur Apindo, Serikat Pekerja, BPS, Universitas sepakat dalam menentukan UMK Batang sesuai regulasinya yaitu berdasarkan Permenaker No 18 Tahun 2022,” tuturnya saat diwawancarai di kantornya, Selasa (22/11/2022).

Suprapto menjelaskan, penghitungan data komponen UMK yang digunakan berdasarkan pada data dari BPS. Akan tetapi belum ada nilai alfa untuk penyesuaian kenaikan upah minimum.

“Sehingga acuan kita tetap pada alfa di Permenaker No.18 Tahun 2022, ada ringnya yaitu 0,1 hingga 0,3, kemudian didiskusikan dengan Dewan Pengupahan. Dari pihak Apindo tentu ingin ring yang serendah-rendahnya, dan sebaliknya dari pihak serikat pekerja ingin ring yang setinggi-tingginya,” terangnya.