Pergeseran Tanah Masih Terjadi

oleh -
JALAN DARURAT - Warga buat jalan darurat di embong atau jalan inspeksi di sebelah jalan ambles, agar pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara motor bisa melalui jalur Purworejo-Kalijambe.

**Di Lokasi Jalan Ambles di Sragi

SRAGI – Kondisi jalan ambles di jalan penghubung Desa Purworejo dengan Kalijambe di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan hingga Selasa (21/11/2022), masih labil. Pergeseran tanah masih terus terjadi.

“Masih terjadi pergeseran tanah, sehingga kami upayakan pengalihan ruas (pembuatan jalan baru) dengan memanfaatkan jalan inspeksi, dan terhadap jalan inspeksi tersebut akan kami lakukan perkerasan agar lebih layak untuk dilalui,” terang Kepala DPU dan Taru Kabupaten Pekalongan Mudiarso dikonfirmasi penanganan jalan ambles di Sragi, kemarin.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo mengatakan, untuk kendaraan roda dua dan pejalan kaki, masyarakat sudah kerja bakti buat jalan darurat di samping jalan yang ambles. “Untuk penanganannya di PU,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, akibat tergerus erosi Sungai Sragi Baru, jalan penghubung dua desa yakni Desa Kalijambe dengan Purworejo di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan ambles, Minggu (20/11/2022) malam. Jalan ambles sepanjang 25 meter, dengan kedalaman 2 meter.

Jalan penghubung dua desa ini tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Untuk sementara, warga desa setempat membuat jalan darurat di embong atau tanggul saluran sekunder Purworejo, Senin (21/11/2022). Sehingga pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara sepeda motor bisa melintasi jalan darurat itu.