Jalan Sepanjang 25 M Ambles

oleh -
JALAN AMBLES - Jalan penghubung Desa Kalijambe dengan Purworejo di Kecamatan Sragi ambles.

**Kedalaman 2 Meter

SRAGI – Akibat tergerus erosi Sungai Sragi Baru, jalan penghubung dua desa yakni Desa Kalijambe dengan Purworejo di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan ambles, Minggu (20/11/2022) malam. Jalan ambles sepanjang 25 meter, dengan kedalaman 2 meter.

Jalan penghubung dua desa ini tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Untuk sementara, warga desa setempat membuat jalan darurat di embong atau tanggul saluran sekunder Purworejo, Senin (21/11/2022) kemarin. Sehingga pesepeda dan pengendara sepeda motor bisa melintasi jalan darurat itu.

Kades Kalijambe Ikhwan, kemarin, mengatakan, titik jalan yang ambles tepat di perbatasan desa, antara Desa Kalijambe dengan Purworejo. Jalan itu ambles karena kena gerusan aliran Sungai Sragi yang lokasinya di bawah jalan. “Itu sudah lama kena gerusan Kali Sragi di bawahnya jalan. Di titik itu pas alirannya belok,” kata dia.

Menurutnya, tebing sungai di titik itu hampir tiap tahunnya longsor hingga mepet di bahu jalan. Ia berharap ada penanganan permanen untuk mengatasi longsor di titik itu yang mengancam badan jalan. “Dari dulu pihak pemerintah nunda-nunda terus,” ujar dia.

Agar akses bisa dilalui, warga kerja bakti membuat jalan darurat di embong tersier atau di tanggul saluran sekunder Ponolawen. Sehingga anak-anak sekolah yang naik sepeda bisa melintasinya. Warga yang menggunakan motor juga bisa lewat di jalan darurat tersebut.