Mau Healing tapi Untung, Peliharalah Ikan Hias

oleh -
SUPORT - Munawir, Komisi A DPRD Kendal yang juga hobi pelihara ikan hias Koi, mensupport DKP Kendal menggelar pameran ikan hias.

*DKP Kendal Bakal Gelar Pameran Ikan Hias

KENDAL – Tak hanya memiliki nilai ekonomis tinggi, memelihara ikan hias ternyata punya manfaat secara kesehatan, seperti menghilangkan stres dan menurunkan tensi darah. Dengan melihat manfaatnya itu, di momen peringati Hari Ikan Nasional tahun 2022, Dinas Kelautan dan Pangan (DKP) Kendal bakal menggelar pameran ikan hias selama dua hari, yakni 26-27 November 2022.

Kepala DKP Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, bisnis dan penghobi ikan hias di Kabupaten Kendal luar biasa. Dengan memfasilitasi pemeran ikan hias, harapannya mampu menambah income bagi para pembudidayanya. Bagi pecinta ikan hias, memelihara ikan hias tak hanya sebatas hobi akan tetapi juga bisa membawa nilai kemanfaatan positif secara kesehatan, khususnya kesehatan mental. Karena bisa menghilangkan stress dan menurunkan tensi darah.

“Aktivitas pekerjaan yang padat tiap hari bikin badan lelah dan pikiran penat. Namun saat sampai rumah lihat pemandangan yang segar, ikan hias besar yang dipelihara dapat membuat hati nyaman dan pikiran kembali rileks. Karena ikan hias mampu mengalihkan perhatian saat kita sedang stres,” katanya, kemarin.

Menurut Hudi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika melihat sekumpulan ikan hias dalam akuarium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung.

“Saat elihat akuarium yang berisi air dan batu karang saja sudah bisa menenangkan perasaan. Apalagi, ada ikan hiasnya, maka yang melihat akan merasa rileks. Jadi ini healing yang ekonomis,” ungkapnya.

Terkait pameran ikan hias yang bakal digelarnya, Hudi berharap masyarakat Kendal ikut meramaikannya. Sehingga usaha ikan hias di Kendal bisa berkembang maju dan memberikan kesejahteraan yang menjanjikan. Dalam peringatan Hari Ikan Nasional ini, selain pameran ikan hias, DKP Kendal juga menggelar berbagai kegiatan.