Ingin Bekerja di Kapal Pesiar Eropa dan Amerika? Segera Daftar di Renaissance Schooling

oleh -
Direktur Renaissance Schooling, Hery Widodo foto bersama calon tenaga kerja usai pelatihan dikantornya. istimewa

PEKALONGAN – Kesempatan untuk bekerja di kapal pesiar (cruise) Eropa dan Amerika, sampai saat ini, masih terbuka lebar.

Ini disebabkan tingginya permintaan wisatawan untuk berlibur dengan kapal pesiar (cruise vacation).

Raksasa perusahaan kapal pesiar seperti Mediterranean Shipping Company (Italia), Carnival Corporation (Inggris dan Amerika), Royal Caribbean Group (Amerika), juga beberapa perusahaan besar lainnya, terus berusaha menambah jumlah armadanya.

Otomatis, tenaga kerja yang dibutuhkan di sektor ini juga kian banyak.

Namun untuk dapat menembus ketatnya persaingan bekerja di kapal pesiar, sudah tentu diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai standar internasional.

Peluang inilah yang kemudian ditangkap oleh Renaissance Schooling, sebuah lembaga diklat (diklat) kepariwisataan yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Renaissance Schooling yang beralamat di Sasana Arga Rahayu, Desa Sumurjomblangbogo 07/03, Kecamatan Bojong, Kabuapten Pekalongan, dengan nomor HP/ WA : 0853-2577- 2735, 0857-2756-9111

Hingga saat ini, Renaissance Schooling telah memberangkatkan 5 (lima) angkatan untuk bekerja di kapal pesiar Eropa dan Amerika.

Pendiri sekaligus owner Renaissance Schooling, Asmoro Palguno mengatakan, lembaga diklat yang dipimpinnya menyelenggarakan dua program, yakni program Hotel dan Kapal Pesiar.

Di Renaissance Schooling, setiap peserta akan menjalani diklat selama 10 bulan, terdiri dari 4 (empat) bulan materi dan 6 (enam) bulan praktik kerja.

“Praktik kerja atau magang di hotel bintang lima. Setelah selesai, langsung bekerja di kapal pesiar Eropa dan Amerika”, terangnya.

Direktur Renaissance Schooling, Hery Widodo menjelaskan, dengan enam bulan job training di hotel bintang lima itu, tiap peserta akan menerima sertifikat yang setara dengan dua tahun magang.

“Itu modal utama untuk bisa masuk ke kapal pesiar Eropa dan Amerika”, imbuhnya.

Ketika sudah diterima bekerja di kapal pesiar, maka status yang didapat adalah sebagai pekerja tetap, bukan tenaga kontrak yang lengkap difasilitasi asuransi kecelakaan dan kematian.

“Ada tunjangan pensiunnya. Semua terjamin, mulai dari makan sampai kesehatan. Standar internasional semuanya”, kata Hery Widodo yang ikut mendirikan Renaissance Schooling.

Kedepan, Renaissance Schooling akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota Pekalongan dalam hal ini dinas atau instansi terkait.

“Selain itu, juga kerjasama dengan SMA maupun SMK di Pekalongan”, tuturnya.

Di Renaissance Schooling, setiap peserta akan mendapatkan materi-materi berupa bahasa asing, khususnya Inggris.

Selain itu, tentu saja pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan dunia perhotelan dan kapal pesiar.(jun)