Konsep Sport Tourism Angkat Branding Kendal dan Majukan UMKM

oleh -
Sinergisitas Legislatif-Eksrkutif di Kabupaten Kendal dan ISSI Kendal sukses menggelar event Enduro Challenge, yang digelar di Banaran Bike Track Sukorejo Kendal. NUR KHOLID MS

*Sinergi Legislatif-Eksekutif dan ISSI Kendal Sukses Gelar Event Enduro Challenge MTB Bupati Cup 2022

KENDAL – Masuknya beberapa anggota DPRD Kendal ke dalam Pengurus Cabang Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kendal dengan ambisi besarnya ingin memajukan prestasi olahraga dan sekaligus pariwisata di Kabupaten Kendal membuncahkan hasil. Banyak event kejuaraan yang diikuti anggota ISSI Kendal di dalam maupun di luar Kendal mampu menorehkan prestasi.

Raihan prestasi terus berlanjut, dan belum lama ini berkat sinergisitas Legislatif-Eksrkutif di Kabupaten Kendal dan ISSI Kendal sukses menggelar event Enduro Challenge, yang digelar di Banaran Bike Track Sukorejo Kendal, Sabtu dan Minggu (12-13/11/2022). Kejuaraan Kendal MTB Bupati Cup 2022 dengn konsep sport toursm ini diikuti 221 peserta dari daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan luar Jawa.

Sukses event ini diakui oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat menyaksikan di lokasi peserta finish di Lapangan Desa Kalipakis Kecamatan Sukorejo, Minggu (13/11/2022) sore. Katanya, penyelenggaraan Enduro Challenge sudah baik dari kesiapan acara maupun konsep acaranya.

“Melihat dari kegiatan event ini, membuktikan Kendal sudah siap menyelenggarakan event tingkat provinsi maupun nasional. Saya lihat kesiapan acara, penyelenggaraan maupun konsep acaranya sudah baik,” ujarnya.

Dico mengungkapkan, suksesnya kegiatan event sport tourism ini akan berdampak pada branding Kabupaten Kendal atau Kendal semakin dikenal. Dengan demikian akan meningkatkan kepercayaan terhadap event-event bertaraf nasional.

“Yang penting lagi adalah berdampak kepada para pelaku UMKM. Dari kegiatan yang bersifat hobi ini harus bisa memberikan manfaat kepada lingkungan masyarakat, yaitu, ada pemberian bantuan untuk masjid,” ungkapnya.

Sementara itu David Iskandar dari Tim Teras MTB Jakarta mengatakan, meskipun baru pertama kali diadakan event nasional, Banaran Track Sukorejo sudah cukup bagus. Medannya sangat menantang dan sudah sesuai dengan standar nasional. “Saya tanya kepada peserta dari luar Kendal, katanya medannya sangat menantang. Tapi menurut saya untuk track atas di Kebun Banaran, kalau bisa ditambah trek lagi, biar tambah seru,” katanya.

Menurut Diki Fanambulin (23), atlet sepeda dari Kendal, meski sudah pernah berlatih di jalur Banaran, medannya cukup menantang. Medan yang cukup berat ketika melewati titik yang banyak lumpur. Diki berhasil meraih juara pertama dengan waktu 9 menit 24 detik.
“Saya sudah paham dengan medannya, karena sudah pernah berlatih, sehingga tidak terlalu berat,” timpalnya.

Ketua Komisi A yang sekaligus Ketua Umum Pengcab ISSI Kendal, Munawir mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, baik panitia penyelenggara dan seluruh peserta, karena target jumlah peserta sudah terlampaui. Harapannya, khusus bagi ISSI Kendal bisa meningkatkan prestasinya.

“Kami para pengurus akan terus berupaya melengkapi segala fasilitas, maka kepada para atlet agar makin giat berlatih, karena kami juga siap mendatangkan pelatih,” katanya.

Munawir mengungkapkan, tujuan event Kendal Enduro 2022, salah satunya untuk mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kendal.

“Selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, kegiatan ini juga untuk menarik pandangan masyarakat, baik nasional bahkan internasional, potensi wisata luar biasa di Kendal serta produk UMKM lokal yang unggul,” ungkapnya.

Sebagai anggota dewan yang masuk dalam kepenggurusan ISSI, Munawir ingin berkontribusi bagi peningkatan sektor pariwisata di Kendal, khususnya di sport tourism.

“Tentu sebagai anggota dewan sekaligus pengurus ISSI Kendal, kami ingin ikut berkontribusi membangkitkan kembali sektor pariwisata, khususnya sport tourism. Sehingga sektor yang satu ini dapat bangkit, dan dikenal luas,” tegas Munawir yang didampingi oleh Nashri, Sekretaris Komisi C, yang juga Sekretaris Umum ISSI Kendal, dan Rubiyanto, Anggota Komisi A, yang juga sebagai Bendahara Umum ISSI Kendal.(adv/lid)