HAE-IPB Komda Jateng Peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

oleh -

Dalam rangka memperingati hari cinta puspa dan satwa nasional pada tanggal 5 November 2022, Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB (HAE-IPB) Komda Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Pelepasliaran satwaliar dan penanaman pohon serta temu kangen HAE IPB Komda Jawa Tengah yang bertempat di Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I Karanganyar.

Acara dihadiri sekitar 100 orang keluarga besar HAE IPB Komda Jateng yang berasal dari semua korwil yang ada di Jawa Tengah. Selain itu acara juga dihadiri oleh perwakilan dari DPP HAE IPB, anggota HAE IPB Komda Banten, HAE IPB Komda Jawa Barat dan HAE IPB Komda Jawa Timur.

Acara dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 5 – 6 November 2022. Peserta bermalam di tenda dan cottage yang berada di kawasan Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I Karanganyar Jawa Tengah.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Rimbawan oleh semua peserta acara. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua HAE IPB Komda Jateng Samsul Ulum (E34).

Dalam sambutannya, Samsul mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta semua dalam kegiatan peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional 2022 oleh HAE IPB Komda Jateng. Kegiatan peringatan ini adalah sebagai bentuk komitmen nyata HAE IPB Komda Jawa Tengah dalam ikut melestarikan hutan dan satwaliar di Jawa Tengah dan Indonesia.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk konsolidasi alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB di Jawa Tengah, dimana acara konsolidasi ini sebelum sudah pernah dilaksanakan di Kabupaten Semarang, Banyumas dan Kota Semarang.

Setelah sambutan dan pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah anggota HAE IPB Jawa Tengah. Acara ramah tamah dipandu oleh Nova (E29) dan Aldi (E34). Dalam kegiatan ramah tamah ini, anggota HAE IPB menyampaikan pesan dan harapannya pada kepengurusan HAE IPB Komda Jawa Tengah.

Menurut Ersa (DPP HAE IPB), “ Menyampaikan pesan dari Ketua Umum HAE IPB pada semua anggota HAE IPB Komda Jateng”. Selain itu, menurut Ersa HAE IPB Komda Jateng merupahkan Komda terkompak dan teraktif di Indonesia sehingga patut untuk dijadikan contoh bagi komda-komda HAE IPB lain di Indonesia.

Acara selanjutnya adalah acara hiburan, hiburan diisi dengan acara live music dengan menampilkan penyanyi pada setiap Angkatan yang hadir. Acara hiburan juga dihangatkan dengan api unggun menghangat udara dingin di kaki Gunung Lawu ini.

Pada hari kedua dilaksanakan kegiatan penyerahan bantuan anggrek hitam (Coelogyne pandurate) oleh HAE IPB Komda Jawa Tengah kepada Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I. Anggrek Hitam merupahkan salah satu anggrek asli Indonesia yang termasuk sebagai puspa dilindungi dan terancam punah di alam.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelepasliaran burung di Areal Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I. Pelepasliaran dilakukan oleh anak-anak yang ikut dalam acara tersebut dengan tujuan agar memberikan pemahanan pada anak-anak akan pentingnya satwaliar dapat hidup secara bebas di alamnya.

Salah satu bentuk keperdulian HAE IPB Komda Jawa Tengah pada pelestarian hutan di Jawa Tengah melakukan kegiatan penanaman di areal Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I.

HAE IPB Komda Jawa Tengah melakukan penanaman 300 pohon tanaman khas pengunungan di Tahura Mangkunagoro I.

Kegiatan penanaman dilakukan oleh anggota HAE IPB Komda Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi penanaman, peserta melakukan hiking ke lokasi tersebut .

Untuk meningkat wawasan lingkungan anggotanya, HAE IPB Komda Jawa Tengah melakukan kegiatan pelatihan ecoprint. Ecoprint adalah teknik mencetak dengan menggunakan pewarna alami dan membuat motif dari daun secara manual yaitu dengan cara ditempel sampai timbul motif. Pada pelatihan ini peserta diajarkan cara membuat cetakan pada media gelas mug. Pelatihan ecoprint dilakukan di areal camping ground Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I. Pelatihan diikuti dengan semangat oleh anggota HAE IPB Komda Jawa Tengah. Disela-sela kegiatan pelatihan ecoprint juga diadakan lomba untuk anak-anak untuk menghibur para peserta kegiatan.

Sebelum acara penutupan dilakukan penyerahan plakat ucapan terima kasih HAE IPB Komda Jawa Tengah pada pengelola Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I Karanganyar. Penyerahan dilakukan oleh Ketua HAE IPB Jawa Tengah Samsul Ulum dan diterima oleh staff Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I, Bapak Didit.

Menurut Widi (anggota HAE Komda Banten) “Saya sangat senang bisa ikut kegiatan Komda Jawa Tengah ini karena banyak kegiatan yang bermanfat. Saya sangat iri dengan teman-teman di Jawa Tengah karena selalu mengadakan kegiatan yang menarik sedangkan di Banten saat ini sangat jarang ada kegiatan dari HAE IPB Komda Banten.”

Sedangkan menurut Lisna (E34) “Ini adalah pertama kali saya ikut kegiatan HAE IPB Komda jateng dan saya sangat senang bisa ikut acara ini karena saya bisa mengajak keluarga saya mengenal dunia kehutanan. Bila ada acara lagi saya juga berjanji untuk ikut lagi karena keluarga saya sangat senang sekali bisa tidur di tenda, padahal diawal kami memesan untuk tidur di cottage tetapi akhirnya kami tidur di tenda semua hehe.”

Rangkaian kegiatan peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional tahun 2022 HAE IPB Komda Jawa Tengah ini dapat terlaksana salah satunya berkat dukungan dari Pertamina Patra Niaga DDPU Adi Soemarmo, BPKHTL Wilayah IV Samarinda, Yayasan Lansekap Nusantara Hijau, Santri Inn Kaliwungu, Perum Perhutani, Petani Berdikari, Aptamart, Decking and Wood, CV Marga-Agung, DPP HAE IPB, Kebun Raya Baturaden dan Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I.