Raperda Pajak dan Retribusi Direspon Positif

oleh -
RAPAT PARIPURNA - DPRD Batang menggelar rapat paripurna dengan agenda pemandangan umum fraksi atas Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, kemarin.

BATANG – Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Batang merespon positif usulan Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang diajukan Bupati Batang. Dukungan itu disampaikan dalam pemandangan umum fraks-fraksi saat Rapat Paripurna DPRD, Rabu (9/11/2022).

Sedikitnya ada lima fraksi yang menyampaikan pemandangan umumnya terhadap raperda ini, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golongan Karya, Fraksi Demokrat PAN, Fraksi PPP, Fraksi PKB.

Ketua Fraksi Partai Demokrat dan PAN, Yuswanto mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi atas adanya usulan Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah itu. Hal itu, kata dia, sebagai bentuk respon kebutuhan pentingnya peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat dengan mengadaptasi UU nomor 1 tahun 2022 tentang HKPD.

“Penyampaian Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah ini sebagai upaya memaksimalkan PAD yang telah sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku, sehingga dapat kami sampaikan Raperda ini dapat dilanjutkan dengan pembahasan sesuai dengan tata tertib.

Ketua Fraksi PKB, Su’udi mengatakan, bahwa pihaknya melihat bahwa retribusi memainkan peran penting, tidak hanya sebagai sumber pembiayaan daerah, tetapi juga instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial di Kabupaten Batang. Hanya saja peran dari Retribusi tersebut masih belum berjalan optimal.