Kecamatan Pekalongan Utara Bentuk Satgas Tagana

oleh -
Camat Pekalongan Utara, Wismo Adityo

*Antisipasi Bencana Banjir dan Rob

KOTA – Kecamatan Pekalongan Utara mulai menyiapkan sejumlah langkah preventif untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana banjir dan rob pada musim penghujan.

Camat Pekalongan Utara, Wismo Aditiyo menjelaskan, menjelang terjadinya musim penghujan Kecamatan Pekalongan Utara telah menyiapkan sejumlah strategi mitigasi bencana diantaranya yakni mengoptimalkan keberadaan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana di 7 kelurahan yang ada di wilayahnya, terdiri dari unsur-unsur masyarakat kelurahan masing-masing.

“Kami sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana yang ada di 7 kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara. Nantinya mereka menjadi salah satu komponen masyarakat dalam membantu penanganan bencana. Hal ini sebagai langkah preventif yang disiapkan dari sisi pengerahan Sumber Daya Manusia (SDM),” ucap Wismo, baru- baru ini.

Disamping itu, jajaran Kecamatan Pekalongan Utara sudah melakukan pemantauan wilayah yang menjadi titik-titik rawan bencana. Pihaknya mengaku bersyukur, seiring dengan pembangunan infrastruktur pengendalian banjir rob di Sungai Lodji dan tanggul pantai sudah ada dampak positif yang dirasakan di beberapa titik wilayah yang saat ini sudah menjadi titik aman bencana. Kendati demikian, untuk wilayah disekitar tanggul raksasa, ada beberapa titik sisi tanggul yang mengalami kerusakan sisi.

“Namun, BBWS sudah akan melakukan perbaikan dan peninggian sisi tanggul raksasa tersebut, disamping pekerjaan fisik lain,” paparnya.

Dari segi persiapan sarana dan prasarana, dalam perubahan anggaran pihaknya sudah mengajukan pengadaan 1 buah perahu PE yang disiapkan untuk sarana evakuasi dan sebagainya. Setelah itu, pihaknya juga senantiasa berkoordinasi dengan dinas terkait seperti BPBD, PMI, dan DPUPR terkait hal-hal apa saja yang harus ditangani untuk mencegah terjadinya dampak dan resiko bencana.