Muhammadiyah Pastikan Bantuan Pemerintah Akan Kembali ke Masyarakat

oleh -
TANDATANGANI - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof DR. KH. Haedar Nashir, M.Si tandatangani prasasti peresmian gedung 9 lantai RSI Kendal.

*Haedar Nashir Resmikan Gedung RSI dan Lantik Rektor Umkaba

KENDAL – Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam tertua di Indonesia sepertinya tak pernah berhenti membangun amal usaha, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, juga memastikan bahwa fasilitas amal usaha tersebut tidak hanya untuk warga Persyarikatan, melainkan juga masyarakat luas.

Hal itu disampaikan Prof Haedar saat meresmikan Gedung Prof A Azhar Basyir RSI Kendal 9 lantai serta melantik jajaran Rektorat Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (Umkaba), Rabu (19/10/2022). Menurut Haedar, Muhammadiyah juga mengakui adanya kontribusi bantuan pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan amal usahanya.

Namun demikian, fasilitas kesehatan dan pendidikan tersebut juga nantinya melayani kepentingan masyarakat, umat, dan bangsa serta kemanusiaan.

“Insya Allah jika mendukung, membackup dan membuka akses untuk kemajuan Muhammadiyah akan kembali untuk masyarakat, bangsa dan negara, bukan untuk Muhammadiyah saja,” ungkapnya.

Menurut Haedar, dibangunnya rumah sakit oleh Muhammadiyah bukan semata-mata untuk kepentingan persyarikatan saja, tetapi merambah untuk kemaslahatan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Muhammadiyah membangun berbagai fasilitas, termasuk kesehatan yang di dalamnya ada rumah sakit sebagai tugas dan bentuk tanggung jawab terhadap kemaslahatan umat,”katanya.

Menyinggung tentang dua amal usaha Muhammadiyah, RSI dan Umkaba, Haedar menyebutnya sebagai sebuah center of excellence bagi PDM Kendal. Perguruan tinggi Muhammadiyah dan RSI Kendal, bahkan Kendal memiliki 3 rumah sakit Muhammadiyah dan segera akan bertambah 2. “Ini sebagai sebuah keunggulan PDM Kendal,” ungkapnya.