TMMD akan Hadir di Daerah ‘Menantang’

oleh -
BANGUN TURAP - Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizki Aditya didampingi Sekda M Yulian Akbar, Wakapolres Kompol Riwayat Sosiyanto, dan perwakilan Kejaksaan meletakkan batu pertama pekerjaan turap program TMMD Sengkuyung III TA 2022 di Desa Pakumbulan, Buaran, kemarin.

BUARAN – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) akan hadir daerah terpencil di Kabupaten Pekalongan. Sehingga pembangunan di lokasi yang ‘menantang’ itu bisa digarap melalui program tersebut.

“Pemkab Pekalongan masih miliki PR infrastruktur di daerah terpencil, terutama di daerah atas masih cukup banyak. Makanya tadi saya berdiskusi dengan Pak Dandim, termasuk dengan Kepala Dinas PMD untuk TMMD kedepan kita mau reorientasi lagi,” ujar Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar ditemui usai pembukaan TMMD Sengkuyung III TA 2022 di Lapangan Desa Pakumbulan, Kecamatan Buaran, kemarin.

“Kita akan khususkan lagi. Kita akan hitung kembali dari sisi anggaran juga. Termasuk lokusnya. Kita pingin TMMD ini hadir terutama untuk daerah-daerah yang memang lokasinya sangat sulit dijangkau. Kita punya kendala di sana,” ungkap Sekda.

Dikatakan, pihaknya sudah menginventarisir beberapa lokasi yang bisa digarap program TMMD. “Insya Allah saya berharap di tahun 2023 nanti kita akan fokus di daerah sana. Tentu saja kita akan barengi dengan penambahan anggaran, kita akan barengi penambahan lokasi-lokasi yang ‘menantang’. Lokasi-lokasi yang membuka akses wilayah. Ini yang akan kita lakukan di 2023,” katanya.

Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizki Aditya, mengungkapkan, kegiatan TMMD Sengkuyung III menyasar pembuatan turap jalan sepanjang kurang lebih 700 meter di Desa Pakumbulan. Di desa ini memiliki struktur tanah yang kurang stabil.