Kantor Imigrasi Pemalang Pastikan Paspor Terbitan Terbaru Masa Berlakunya 10 Tahun

oleh -
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang, Arvin Gumilang. istimewa

PEMALANG – Masyarakat kini tak perlu lagi bolak balik setiap lima tahun untuk memperpanjang paspor miliknya, karena masa berlakunya untuk terbitan terbaru sudah sepuluh tahun.

Hal itu tentu menguntungkan bagi para pelaku perjalanan ataupun para pebisnis yang sering bepergian ke luar negeri. Namun, pemegang paspor harus bisa merawatnya dengan baik.

“Paspor terbaru saat ini masa berlakukan sudah 10 tahun. Aturan ini tentu menguntungkan para pelaku perjalanan atau frequent traveller, semisal pebisnis,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang, Arvin Gumilang, Kamis (06/10/2022).

Alvin menjelaskan, perpanjangan masa berlaku paspor ini sesuai dengan Pasal 2A Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 18 tahun 2022 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 September 2022. Saat ini, petunjuk teknisnya masih dalam pembahasan.

“Namun tentunya perpanjang masa berlaku itu juga ada risikonya. Contohnya adalah potensi kerusakan paspor karena lamanya penggunaan. Karena itu, pemegang paspor harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Termasuk resiko hilang yang dapat terjadi kapan saja, bahkan saat sedang perjalanan ke luar negeri,” jelas Alvin.

Alvin menghimbau bagi masyarakat yang sudah mempunyai paspor agar bisa menjaganya dengan baik. Hal itu guna menghindari resiko kerusakan ataupun kehilangan.

Sementara itu,, Plt Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana dalam keterangan tertulisnya menyebut masa berlaku paspor 10 tahun tidak berlaku terhadap paspor yang terbit sebelum tanggal disahkannya aturan tersebut. Masa berlakunya, tidak mendadak langsung menjadi 10 tahun.

Hal yang menjadi pertanyaan dari pemberlakuan itu adalah nilai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Saat ini biaya pembuatan paspor biasa non elektronik sebesar Rp 350 ribu dan paspor biasa elektronik sebesar Rp 650 ribu.

“Aturan tentang PNBP sedang dibahas stakeholder terkait,” tandasnya. (don)